Beranda Berita Terkini Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Lakukan PKM “Pelatihan Dasar Design Menggunakan Software...

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Lakukan PKM “Pelatihan Dasar Design Menggunakan Software autoCAD Di SMK Fajar Sentosa” Bogor

BERBAGI

Beritatangsel.com – Dalam upaya menunjang kegiatan Pendidikan dan Penelitian pada Program Studi teknik mesin Universitas Pamulang, mahasiswa serta dosen diwajibkan untuk turut serta dalam pelaksanaan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) secara langsung.

Kegiatan PKM merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam suatu aktivitas tanpa mengharapkan adanya imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program PKM dirancang untuk dapat mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia dan bertujuan untuk membina dosen serta mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dengan Universitas Pamulang, Dr RR Dewi Anggraeni, SH., MH, mengatakan, PKM merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan penelitian, dari program PKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen Universitas Pamulang khususnya prodi teknik mesin dengan harapan dapat berkelanjutan bagi kemajuan bersama.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Dalam hal ini, prodi  teknik mesin Universitas Pamulang memberikan pelatihan dasar desain menggunakan software autoCAD terhadap siswa teknik sepeda motor di smk fajar sentosa Bogor yang diharapkan bisa menjadi pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi desain menggunakan komputer.

Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) mahasiswa program studi teknik mesin Universitas Pamulan berlangsung pada hari kamis,26 oktober 2023 bertempat di SMK fajar sentosa yang beralamat di Jl Perum Griya Alam Sentosa Kp. Bakom RT 03/04 Desa Limus Nunggal Kec. Cileungsi Bogor. Kegiatan ini disambut hangat oleh Ibu dewi larasati selaku kepala sekolah SMK fajar sentosa, beliau dengan senang hati memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berinteraksi dengan siswa siswa SMK fajar sentosa, berbagi cerita dan pengetahuan yang diharapkan dapat membantu dalam proses belajar dan perkembangan mereka.

Baca Juga :  Satukan Tokoh Tangerang Selatan Dukung Pasangan Azizah - Ruhamaben Jadi Walikota

Kegiatan PKM ini membawakan tema tentang “pelatihan dasar desain menggunakan software autoCAD ” yg diketuai oleh Abdul said dan dibantu anggotanya Ari widiyanto,Andre fadlan,Dimas dzaky, dan Mukhtafa rajab , juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Bapak Muhamad isro diyanto , S.T., M.T.

Dengan tema tersebut para mahasiswa bermaksud memberikan pelatihan dasar mengenai software desain autoCAD yang memudahkan untuk mendesain otomatis karena berbasis komputer. Hal ini disampaikan oleh Abdul pada presentasinya, dengan menguasai software ini akan memudahkan untuk mendesain dan mempelajari software yang lebih mendetail desainya contoh nya solidwork,inventor dan masih banyak lagi. Dan diharapkan menjadi pengalaman yang baik untuk masa depan siswa dan mahasiswa yang terlibat dalam acara tersebut. Hal ini karena mereka memiliki perasaan yakin yang besar pada diri sendiri. Dengan pemahaman software ini mereka juga dapat lebih mudah mengekspresikan dan mengembangkan kreativitas desain yang mereka inginkan lebih mudah dengan software tersebut.

Para mahasiswa juga memberikan penyuluhan dengan komunikasi dua arah agar memudahkan proses pembelajaran. Diharapkan melalui penyuluhan ini apa yang disampaikan oleh mahasiswa dapat dimengerti oleh siswa dan dapat dipraktekan langsung dalam desain mereka dan menjadi bekal masa depan.

Sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan PKM ini kepada mahasiswa Universitas Pamulang, di akhir kegiatan para mahasiswa memberikan setifikat kepada siswa SMK fajar sentosa yang telah mengikuti kegiatan pelatihan dasar desain menggunakan software autoCAD ini. Para mahasiswa berharap kegiatan PKM ini dapat bermanfaat bagi siswa di SMK Fajar Sentosa. (Red)