Beranda Berita Terkini Konstruksi Hidroponik Menggunakan Energi Terbarukan Dari Kincir Angin Di Yayasan Pondok Pesantren...

Konstruksi Hidroponik Menggunakan Energi Terbarukan Dari Kincir Angin Di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Kontribusi positif yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang (UNPAM) dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan tersebut dilakukan di lokasi Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan, sebuah lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam pengembangan keagamaan masyarakat setempat.

Pentingnya pengabdian kepada masyarakat diwujudkan dalam upaya untuk memberikan manfaat langsung, sekaligus memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah. Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan terjalin sinergi antara perguruan tinggi dengan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan yang menciptakan keterlibatan aktif dalam pembangunan lokal, dan berpengaruh kepada masyarakat sekitar.

Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan dipilih sebagai lokasi kegiatan PKM karena peran strategisnya dalam mendidik dan membina generasi muda, serta keberlangsungan program-program sosial yang dijalankan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara UNPAM dan lembaga masyarakat setempat, menciptakan saling pengertian, dan memberikan solusi konkret terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Program PKM yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Teknik Mesin UNPAM di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Ihsan dari cara pembuatan hingga evaluasi hasil yang telah dicapai. Program PKM ini menyoroti dampak positif yang diharapkan muncul dari kegiatan tersebut, baik bagi masyarakat penerima manfaat maupun bagi pengembangan akademis mahasiswa dan dosen yang terlibat.

Langkah-langkah Pembuatan Konstruksi Hidroponik
1. Pipa PVC
Digunakan untuk menghubungkan berbagai komponen sistem hidroponik. Ini mencakup menghubungkan pompa air, tangki nutrisi, bak tanaman, dan bagian-bagian lainnya agar membentuk suatu rangkaian yang terintegrasi.

2. Media Tanam
Media tanam digunakan membantu mengamankan tanaman dengan mencegah akar mereka berantakan atau terpapar ke cahaya yang dapat merusak. Hal ini juga membantu menjaga kebersihan sistem hidroponik.

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT Ke-73 Polda Metro Jaya Adakan Lomba Olah TKP Antar Polres.

3. Air
Air menjadi media tanam utama dalam sistem hidroponik. Tanaman ditanam dalam bak atau wadah yang berisi air. Air berperan sebagai wadah dan penyangga bagi media tanam, serta memberikan dukungan untuk tanaman tumbuh.

4. Wadah Penampung
Wadah penampung berperan sebagai titik awal distribusi larutan nutrisi ke sistem hidroponik.

5. Pompa Air
Pompa air membantu mencegah stagnasi air di dalam sistem hidroponik. Ini adalah langkah penting untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme berbahaya dan meminimalkan risiko penyakit tanaman.

(Red)