Beranda Berita Terkini 3 Dokter Jiwa Menjelang Pemilu 2024 Untuk Tangani Caleg Gagal Disediakan RSU...

3 Dokter Jiwa Menjelang Pemilu 2024 Untuk Tangani Caleg Gagal Disediakan RSU Tangsel

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyediakan tiga dokter jiwa menjelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Direktur Utama RSU Tangsel Umi Kulsum menyebut tiga dokter ini bertugas memberikan konsultasi kepada calon legislatif (caleg) yang gagal menduduki kursi DPRD Tangsel.

“Ada tiga orang dokter jiwa,” ujar Umi pada Minggu, 19 November 2023.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat total ada 700 orang yang masuk dalam daftar caleg tetap (DCT) Pemilu 2024. Para calon anggota legislatif ini mewakili enam daerah pemilihan (dapil).

Rinciannya adalah Dapil 1 Ciputat, Dapil 2 Pamulang, Dapil 3 Setu-Serpong, Dapil 4 Serpong Utara, Dapil 5 Pondok Aren, dan Dapil 6 Ciputat Timur.

Sementara itu, jumlah daftar pemilih tetap di Tangsel sebanyak 1.022.237 orang yang terdiri dari 501.755 laki-laki dan 520.482 perempuan. Lokasi pencoblosan tersebar di 3.824 tempat pemungutan suara (TPS).

Tidak hanya RSU Tangsel, RSUD Kabupaten Tangerang juga menyiapkan layanan konsultasi psikologi bagi para caleg yang gagal menjadi anggota dewan.

Kepala Humas Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani mengatakan, fasilitas itu bisa membentengi mental psikologis caleg gagal, sehingga tidak mudah mengalami depresi.

“Kondisi ini dipersiapkan karena pada proses pemilihan legislatif kerap kali ditemui kasus caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam pesta demokrasi,” ucapnya, Kamis, 17 November 2023.

Fasilitas konsultasi jiwa bagi caleg itu di antaranya dua dokter spesialis kejiwaan. Dengan begitu, ketika ada caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kalah dalam kontestasi Pemilu 2024 bisa langsung ditangani. (Red)

 

 

 

Baca Juga :  Ketum FSMT Akan Gelar Tasyakuran Akbar Kemenangan Prabowo Gibran