Beranda Berita Terkini Surutnya Aliran Sungai Cisadane Dijadikan Tempat Wisata Dadakan, Warga Raih Cuan dari...

Surutnya Aliran Sungai Cisadane Dijadikan Tempat Wisata Dadakan, Warga Raih Cuan dari Kemarau Panjang

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Warga Desa Keranggan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan memanfaatkan surutnya aliran Sungai Cisadane sebagai tempat wisata dadakan. Mereka mencoba meraup berkah dari dampak kemarau panjang yang sedang terjadi saat ini.

Seperti diketahui, kemarau yang belum putus hingga saat ini membuat aliran Sungai Cisadane di Desa Keranggan menyusut drastis. Sungai tersebut bahkan bisa diseberangi oleh warga atau pengunjung.

Seorang pengunjung, Arfan, mengatakan sengaja mendatangi lokasi ini untuk mengajak anaknya. Kata dia, momentum surutnya Cisadane sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu.

“Sudah ada dua bulan lebih ini mengering karena memang enggak ada hujan belakangan ini,” kata dia, Kamis 5 Oktober 2023.

Musim kemarau tak hanya membuat debit dan muka sungai susut, tapi juga mengubah airnya relatif lebih bersih. Hal itu membuat warga sengaja mendatangi lokasi ini untuk berenang dan bermain air. “Bersih pak ini mah. Kalau hujan baru air dari bogor keruh dan agak tinggi,” kata Arfan.

Seorang pedagang dadakan yang juga ditemui di lokasi, Ulan, mengaku mengeringnya aliran Sungai Cisadane membawa rejeki buat dia dan keluarga. Dirinya sengaja berdagang untuk menambah perekonomian keluarga.

“Ya alhamdulilah ramai sekarang sejak surut. Sekalian iseng dagang lumayan buat nambahin perekonomian,” ujarnya.

Kata wanita satu anak ini dalam sehari biasanya ada 40 sampai 60 orang yang datang dan bermain air. Situasinya bisa lebih ramai lagi saat akhir pekan. “Parkir aja penuh,” katanya.

Ulan mengaku bisa mendapat uang hingga 500 ribu rupiah dalam seharinya. “Alhamdulillah,” ujarnya.

Meski demikian Ulan mengaku tidak sedikit juga warga dari desa tetangga yang datang ke lokasi ini. Mereka tidak untuk berekreasi tapi mencuci baju. “Karena air sumur mereka sudah kekeringan,” ujarnya. (Red)

Baca Juga :  Tangsel, Kota Satelit Buruan Kaum Urban.