Beranda Berita Terkini Dinding Turap Kali Serua Ambruk Sepanjang 14 Meter dan Tinggi 4 Meter

Dinding Turap Kali Serua Ambruk Sepanjang 14 Meter dan Tinggi 4 Meter

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Turap Kali Serua yang ambruk di wilayah Perumahan Villa Bintaro Regency, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan, panjangnya sekitar 14 meter.

Ambruknya turap menimpa lima pekerja proyek normalisasi Kali Serua. Satu orang meninggal dunia, empat di antaranya mengalami luka-luka.

“Panjangnya (temboknya) 14 meter dengan tinggi 4 meter berada di bantaran Sungai Serua,” ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Tangerang Selatan Robbi Cahyadi dalam keterangan, Sabtu (7/10/2023).

Identitas korban yang meninggal dunia yakni S (39). Tiga korban yang mengalami luka yakni R, H dan JA, sedangkan identitas satu pekerja lagi belum disebutkan.

Robbi mengatakan, saat tertimpa dinding, para pekerja tengah mengerjakan perakitan pembesian untuk fondasi tanggul Kali Serua.

“Untuk korban meninggal dunia langsung dibawa pihak keluarga ke Desa Pasirpanjang, Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Korban dibawa pakai ambulans Masjid Al muhajirin Villa Bintaro Regency,” kata Robbi.

Robbi memastikan para korban yang mengalami kecelakaan kerja itu menerima santunan. Biaya pengobatannya ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Korban yang tertimpa reruntuhan tembok milik warga itu menerima santunan dan pengobatan penuh dari BPJS Ketenagakerjaan yang didaftarkan pihak perusahaan,” ucap Robbi.

“Selanjutnya dari pihak pelaksana PT Cahaya Kintamani sudah melakukan tanggung jawabnya terhadap para korban kecelakaan kerja,” imbuh dia.

Proyek normalisasi Kali Serua dihentikan sementara imbas pekerja tertimpa runtuhan turap di Perumahan Villa Bintaro Regency.

Robbi mengatakan, hal itu lantaran kepolisian tengah menyelidiki kasus tersebut.

“Saat ini, proyek dihentikan sementara dan dalam penanganan pihak kepolisian,” kata Robbi.

Peristiwa itu bermula ketika para pekerja sedang merakit besi cakar ayam untuk keperluan fondasi di pinggir Kali Serua, Jumat (6/10/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

Baca Juga :  Mayat Laki-laki Ditemukan Dalam Rumah di Serpong, Diduga Sudah Meninggal 3 Hari

Tak lama kemudian, turap Kali Serua di bagian sisi perumahan tiba-tiba roboh lalu menimpa para pekerja.

“Tiba-tiba tembok turap kali Serua Roboh pada bagian Perum Villa Bintaro Regency (VBR),” ucap Kapolsek Pondok Aren, Kompol Bambang Askar Sodiq.

Bambang menduga, robohnya turap itu disebabkan oleh getaran alat berat yang sedang dioperasikan.

Saat itu, satu ekskavator tengah mengeruk tanah aliran Kali Serua, tepatnya di dekat turap yang roboh tersebut.

“Kami duga disebabkan getaran dari ekskavator yang menyebabkan tembok di atasnya runtuh lalu menimpa pekerja yang ada di bawahnya,” ucap dia. (Red)