Beranda Berita Terkini Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM UPN Veteran Jakarta Kembali Terjun Ke Masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM UPN Veteran Jakarta Kembali Terjun Ke Masyarakat

BERBAGI

Jakarta, Kicaunews.com – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM UPN Veteran Jakarta kembali terjun ke masyarakat untuk merealisasikan sejumlah program yang telah ditetapkan. Kamis, (24/08/2023).

Kegiatan pengabdian kali ini mengusung tema “ Pendampingan Literasi Keuangan dan perbankan Digital untuk UMKM di Kecamatan Cinere Kota Depok”. Tim PKM ini diketuai oleh Siti Hidayati, SE, MM serta melibatkan mahasiswa. Perkembangan teknologi telah merubah pola interaksi sosial kontak fisik secara langsung semua proses transaksi sudah memakai teknologi yakni digitalisasi.

Dampaknya pada proses transaksi perbankan yang diharapkan dapat diselesaikan dengan cara online tanpa harus bertatap muka sehingga dapat meningkatkan efesiensi transaksi keuangan termasuk UMKM, sehingga dalam melaksakan kegiatan operasionalnya diharapkan dapat dilakukan secara mandiri, PKM ini bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Fatmawati.

“literasi keuangan dapat memenuhi kebutuhan modal usaha, agar dapat mempertahankan dan melanjutkan usaha pelaku UMKM” imbuh Rully Ristiawan sebagai Branch Manager BSI

Lanjutnya, Tujuan akhir dari kegiatan PKM ini adalah membantu UMKM yang memberikan pengetahuan mengenai literasi keuangan digital serta pengalaman bertransaksi keuangan secara digital. Berbekal kemampuan dan pengalaman untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan peserta abdimas tentang layanan keuangan dan perbankan digital.

Harapan pelaksanaan PKM dapat memberikan edukasi pada UMKM yang bankable tidak hanya dilihat dari banyaknya kredit di bank, namun juga dari sisi pelaku UMKM yang telah memiliki Tabungan di bank serta memanfaatkan layanan digital seperti e-wallet serta dapat memanfaatkan KUR dari BSI, dan sebisa mungkin menghindari pinjaman online yang sangat membahayakaan Masyarakat.

“Dengan demikian, UMKM dapat memanfaatkan kemajuan teknologi perbankan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan secara digital dalam Proses Bisnisnya”. Ungkapnya (Red/Yudi Nur Supriadi)

Baca Juga :  Grand Launching Car Free Day Taman Asri manarik Antusias Warga