Beranda Berita Terkini Pembinaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023

Pembinaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023

BERBAGI

TANGSEL,Beritatangsel.com-Pembinaan sekolah Adiwiyata tingkat kota menuju sekolah Adiwiyata tingkat provinsi tahun 2023 ,acara berlangsung di soll marina hotel Serpong kota Tangerang Selatan, Rabu (15/02/2023).

Acara tersebut di hadiri langsung oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan H.Pilar saga Ikhsan, Kepala dinas lingkungan hidup Wahyunoto lukman, Sekertaris DLh Irfan, ketua Adiwiyata Tangsel Raden Roro Truetami Ajeng Soediutoml.

Hadir pula Para kabid, Kasi lingkungan hidup, kepala sekolah negeri maupun swasta se-Kota Tangerang Selatan.

Pilar Saga Ikhsan kepada media mengatakan, hari ini ada bimbingan tehknis Adiwiyata tingkat tangsel menuju tingkat provinsi jadi penilayan tingkat nasional, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pribadi yang baik yang lebih mencintai lingkungan hidup mulai dari usia dini jadi mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), Sekolah menegah pertama (SMP).

Lingkungan hidup yang rusak akan mudah mendatangkan berbagai bencana, longsor dan sebagainya. Maka ada hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Bencana-bencana seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya nyatanya banyak mendatangkan kerugian bagi manusia. Umumnya bencana-bencana yang terjadi adalah akibat kerusakan lingkungan yang disebabkan ulah manusia,” kata Pilar.

Pemahaman bahwa lingkungan yang lestari merupakan sebaik-baiknya warisan bagi generasi yang akan datang menjadi bekal penting bagi anak-anak dalam perkembangannya. “Sejalan dengan hal tersebut, sekolah adiwiyata menjadi pijakan dan batu loncatan pertama untuk menjadikan pribadi berwawasan lingkungan,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman menambahkan perlu pahami bersama-sama, bahwa suatu gerakan yang bersifat pembiasaan ini bukan merupakan lomba yang dalam satu kali pelaksanaan sudah selesai, tapi kita melakukannya terus-menerus secara konsisten dan progresif.

“Adiwiyata ini tidak hanya bagaimana penanganan lingkungan dan sampah saja, tetapi menyeluruh hingga di kurikulum pembelajaran,” jelasnya.

Baca Juga :  Naas, Seorang Gadis Diperkosa Oleh Ayah Tirinya

Ketua Forum Adiwiyata Kota Tangerang Selatan Raden Roro Truetami Ajeng Soediutomo menjelaskan Forum Adiwiyata menggulirkan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) tingkat Kota Tangerang Selatan. Dan menjadikan GPBLHS ini sebagai program lingkungan yang ditujukan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk melestarikan lingkungan.

“Kami harap bisa menjadi dasar semangat bapak ibu dalam menjalankan GPBLHS di tahun –tahun kedepannya,” pungkasnya.

(Red/Rud)