Beranda Uncategorized Mahasiswa Universitas Pamulang Lakukan Sosialisasi Memberikan Edukasi Ber-Etika Yang Baik dilingkungan Sekolah...

Mahasiswa Universitas Pamulang Lakukan Sosialisasi Memberikan Edukasi Ber-Etika Yang Baik dilingkungan Sekolah dan sekitarnya di Taman Baca Peka

BERBAGI

Beritatangsel.com — Pada perkembangan teknologi sekarang banyak juga perubahan yang terjadi dari mulai pergaulan, Bahasa yang baru yang sering kali mudah untuk ditiru oleh anak kecil sampai dengan dewasa.

Ditambah, teknologi sekarang perkembangannya sangat cepat dari mulai sosmed sampai aplikasi yang dapat digunakan oleh kalangan usia bahkan kanak-kanak pun mudah untuk mengoprasikan atau menggunakan aplikasi tersebut yang dinakaman Tik-tok, Apliksi tiktok tersebut tidak selalu memberikan pengaruh yang kurang baik dari aplikasi tiktok tersebut pun dapat memberikan dampak positif jika dapat menggunakannya dengan bijak dan tau aturan mainnya jika hanya untuk kebutuhan information, tetapi seringkali kita tidak bisa mengkontrol setiap saat jika kanak-kanak menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan ini kami selaku mahasiswa universitas pamulang mendatangi taman kanak-kanak seperti taman baca peka ini untuk memberikan edukasi ber-etika yang baik dan memberikan saran atau cara bagaimana memiliki sikap yang bijak dan baik di perkembangan zaman sekarang ini agar tidak terpengaruh secara langsungĀ  oleh information yang didapat dari aplikasi tiktok tersebut atau media sosial lainnya.

Dan diharapkan dapat membantu kanak-kanak di taman baca peka itu agar dapat menyaring atau memfilter segala sesuatu yang dilihatnya atau di dengarnya dengan baik.

Hal ini juga kami lakukan sebagai wujud pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan bekerjasama bersama bapak Adang albanie selaku pengurus taman baca peka, Kegiatan ini diketuai oleh pipih lestari dengan anggota, Ridzwan Hakim dan Rizky Irma dan juga Dosen pembimbing kami yaitu Ibu Lioni Indrayani,S.E.,M.M dari Prodi Akuntansi S1. Kegiatan ini diikuti oleh kana-kanak dalam Taman Baca PEKA.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada hari sabtu, 15 Oktober 2022, Yang Berlokasi di JL. Srikandi No 34, Pd. Benda, Kec. Pamulang,Kota Tangerang Selatan, Banten 15416.

Baca Juga :  Diduga Sengaja Menyembunyikan Hasil Visum. Ferry Setiawan: Kita Segera Lapor Ke Propam

Dengan memberikan edukasi terkait ber etika yang baik kami selaku pelaksana berharap agar kanak-kanak penerus masa depan negara ini dapat beretika yang baik dengan memberikan beberapa contoh bagaimana sikap dan prilaku ber etika yang baik dimulai dari hal sederhana yaitu membantu orang tua saat orang tua kita membutuhkan pertolongan, selalu mengucapkan terimakasih saat dibantu dan mengucapkan kalimat minta tolong saat membutuhkan bantuanĀ karna dari hal yang sering terjdadi dan dilakukan setiap harinya di lingkungan sekolah dan sekitarnya, jika anak usia dini sudah di berikan edukasi dari hal yang sering dilakukan setiap hari nya besar kemungkinan kelak anak tersebut dapat berprilaku yang baik dilingkungan sekitarnya dan dapat tertanam sikap sungkar, tolong menolong dan ramah tamah.

Didalam kegiatan ini selain memberikan contoh dan teori ber-etika yang baik, kami juga mebuat games dengan menanyakan atau bertanya bagaimana contoh ber etika yang baik kepada kanak-kanak ditaman baca ini, agar anak-anak pada taman baca aini dapat ber intraksi dan secara langsung melatih kepercayaan diri mereka berbicara tau mengungkapkan pendapat dan juga pengetahuan mereka di depan orang banyak.

Senangnya antisipasi mereka terkait games memberikan contoh ber etika yang baik tersebut sangat bagus mereka saling mengangkatkan tangannya untuk memberikan contoh ber-etika yang baik dan kami juga memberikan apresiasi seperti bingkisan dan hadiah yang sudah kami siapkan untuk anak-anak di taman baca PEKA respon merakapun sangat senang dan gembira.

Dengan melihat respon dan antisipasi merekan saat kami memberikan edukasi ini sangat tidak diraguakn bahwa nak-anak pada taman baca peka ini dapat dengan mudah mengambil pengetahuan yang mereka dapatkan oleh karna itu kami pun memebrikan saran agar anak-anak dapat memperhatikan segala sesuatu yang mereka dapat agar hal yang negative tidak langsung mereka cerna.

Baca Juga :  Personel Polsek Krangkeng Sampaikan Himbauan Protokol Kesehatan Kerumah-rumah Warga

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang diharapkan dapat memberikan manfaat dan wawasan yang baru bagi anak-anak di Taman Baca Peka.

Dengan memberikan Edukasi Ber Etika yang baik terdadap kana-kanak ditaman baca peka ini diharapkan anak-anak dapat lebih mengetahui dan memahami pentingnya menanamkan sikap etika yang baik atau ber-etika yang baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitarnya untuk menghindari information atau pengetahuan yang negatif diperkembangan teknologi pada zaman sekarang ini.

(Artikel Mahasiswa PKM Univ. Unpam)