Melalui Kegiatan PKM, Mahasiswa UNPAM Ajak Anak Panti Tumbuhkan Minat Jiwa Wirausaha Sejak Dini

banner 468x60

Beritatangsel.com – Penerapan Kewirausahaan tidak hanya penting bagi orang dewasa namun juga harus dan perlu dipersiapkan sedini mungkin kepada anak-anak dan remaja untuk menjadi bekal dewasa kelak.

Perbedaan tujuan utamanya adalah bahwa orang dewasa menggunakan pengetahuan ini sebagai langkah untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi perekonomian mereka serta menghasilkan uang secara langsung sementara manfaat bagi anak-anak dan remaja sendiri lebih kepada proses pembelajaran dan menata kepribadian mereka diluar dari pembelajaran normal yang diajarkan oleh guru, orang tua, maupun tutor tambahan melalui pelatihan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sejak dini anak harus ditanamkan sifat konsistensi dan menganalisis setiap peristiwa atau suatu kejadian dalam kegiatan. Konsistensi penting dalam menentukan reaksi anak ketika melakukan sesuatu yang tidak baik. Reaksi atau konsekuensi terhadap kesalahan anak yang sama harus diberikan secara konsisten agar anak tidak melakukannya lagi.

Khususnyaminat jiwa wirausaha sejak dini pada anak. Hal ini sangat penting disampaikan karena sanget berpotensi meningkatkan konsistensi pada anak.

Hal itulah yang mendasari Mahasiswa semester 5 Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang (UNPAM) menyelenggarakan sebuah program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Menumbuhkan Minat Jiwa Wirausaha Sedari Dini” yang dilaksanakan di Panti Asuhan Yayasan Al-Kamilah, Jl. Sarua Raya no. 3, sarua, kec. Bojong sari, Kota Depok Jawa Barat. Senin (19/12/2022).

Selain itu, diadakannya kegiatan ini bertujuan memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Artinya, Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Pada kegiatan ini, Mahasiswa yang terdiri dari empat orang anggota yaitu Anton Adi Wijaya, Muhamad Iqbal, Reti Agustina, Siti Nursilfia, dan satu orang pembimbing yaitu Bapak Akhmad Sigit Adiwibowo, S.E., M.Ak. memberikan ilmu dengan metode edukasi pembelajaran kepada anak panti agar dapat menumbuhkan minat jiwa wirausaha sedari dini.

Disaat pemberian materi berlangsung, Mahasiswa memberikan langkah-langkah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada anak panti, yang nantinya mereka berharap dari materi tersebut yang sudah disampaikan, para anak panti bisa memahami dan mengaplikasikan segala hal dan point-point penting didalam kehidupannya sehari-hari.

Muhammad Iqbal selaku Ketua kegiatan PKM tersebut mengungkapkan dalam materinya, bahwa terdapat beberapa hal penting untuk membangun mindset dan mental dalam berwirausaha.

Pertama, jangan terlalu cepat berpikir untuk menghasilkan uang. Kedua, generasi muda kini dihimbau untuk tidak berfokus pada satu spesialisasi, tapi lebih dari itu. Menguasai lebih dari satu spesialisasi dianggap dapat lebih mudah untuk beradaptasi dan berkarya ke depannya.

Ketiga, mengonsumsi konten-konten yang positif dan dapat membangun fondasi berpikir yang benar. Dan keempat, sosok wirausaha sedapat mungkin dapat mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya secara kreatif dan solutif.

Menurut Iqbal, Berwirausaha mungkin di satu sisi dapat menjadi pilihan, namun pilihan itu harus dibarengi dengan niat dan mindset yang baik.

“Dunia berkembang cepat, kita harus menjemput ketidakpastian di masa depan. Seyogyanya kita sebagai manusia harus terus bergerak. Karena era sekarang adalah era yang tidak bisa dipelajari dan akan muncul sejarah baru,” pungkas Iqbal.

Iqbal menambahkan, jiwa wirausaha itu harus tumbuh dihati siapapun “Maka dari itu kami memilih tema tersebut, sehingga kami bisa memberikan edukasi yang akan bermanfaat untuk anak panti baik untuk di masa sekarang maupun di masa depan mereka,” Ucapnya.

“Kami dengan rekan yang lain sangat bahagia dan bangga atas kegiatan yang telah kami lakukan, karena dengan cara tersebut kami mampu menganalisis atau mengetahui berberapa anak yang minat dengan wirausaha dan anak yang tidak terlalu berminat terhadap wirausaha tersebut,” tambahnya.

Para Mahasiswa kegiatan PKM berharap “Melalui kegiatan PKM ini kami selaku mahasiswa/imengharapkan adik-adik panti dapat memahami materi yang diberikan dan semoga bermanfaat dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari pada saat ini atau masa yang akan datang”. Ujarnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut berlangsung lancar dan sukses. Bahkan seluruh peserta tampak begitu antuasias mendengarkan serta memberikan tanggapan atas materi yang disampaikan para Mahasiswa dengan bertanya.

Sebagai bentuk Terima Kasih, dan tanda Apresiasi karena telah ikut serta, berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, para Mahasiswa UNPAM membagikan bingkisan kepada anak-anak dan pengurus panti Yayasan Al-Kamilah serta dokumentasi foto bersama dari seluruh peserta, dan Mahasiwa kegiatan PKM.

Semua pihak mengharapkan bahwa kegiatan PKM ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar mencapai tujuan yang diinginkan.

(Artikel giat PKM Mahasiswa UNPAM).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *