Beranda Berita Photo Wow Fantastis…! Kota Tangsel Masuk 5 Besar Pemda Dengan Realisasi Belanja Produk...

Wow Fantastis…! Kota Tangsel Masuk 5 Besar Pemda Dengan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri-UMK Terbesar

BERBAGI

BERITATANGSEL.COM – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menunjukan komitmenya untuk meningkatkan porsi belanja produk dalam negeri (PDN) dan Produk UMK. Hal itu ditunjukan Pemkot Tangsel dengan menempati posisi lima besar Pemda dengan realisasi belanja PDN-UMK terbesar seperti dirilis Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP), Selasa (29/11).

Dalam Rakor Monev Inpres Nomor 2 Tahun 2022 dipantau dari Youtube LKPP itu, Kota Tangsel berada di urutan keempat Pemkot dengan realisasi belanja PDN terbesar dengan nilai Rp 973,3 miliar.

Sedangkan untuk posisi pemerintah kota dengan belanja PDN terbesar pertama adalah Kota Surabaya (Rp 1,7 triliun), disusul Medan (Rp 1,7 triliun) dan Bekasi (Rp 1,2 triliun). Sedangkan di posisi lima ditempati Bandung (Rp 920,8 miliar).

Kemudian, untuk realisasi belanja UMK terbesar, Kota Tangsel ada di peringkat lima dengan nilai belanja mencapai Rp 597,2 miliar.

Posisi pertama Pemkot dengan belanja UMK terbesar adalah Surabaya (Rp 1,2 triliun), Bekasi (Rp 899,8 miliar), Medan (Rp 827,3 miliar) dan Bandung (671,4 miliar).

Kepala LKPP Hendrar Prihadi mengatakan, adanya Inpres 2/2022 membangun komitmen bersama untuk terus meningkatkan penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan produk UMK-Koperasi.

Ia berharap belanja PDN dapat mempercepat pembangunan pemerataan ekonomi. Serta menciptakan iklim tata kelola pengadaan barang/jasa pemerintah yang kondusif dan konstruktif.

Hendrar menyampaikan, target belanja APBN/APBD tahun 2022 untuk produk dalam negeri paling sedikit Rp 400 triliun. Adapun dengan belanja produk dalam negeri senilai Rp 400 triliun tersebut diperkirakan dapat menambah 1,7% sampai 2% pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Sampai dengan per tanggal 14 November realisasi mencapai Rp 320,5 triliun,” ujar Hendrar dalam Rakor tersebut. (Durkalla-Patih)

Baca Juga :  Pemerintah Kota Tangsel Akan Menata Puluhan Ribu Hektar Kawasan Kumuh