Beranda Berita Photo Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H,Merefleksikan Keteladanan, Figur Rasulullah SAW Dalam...

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H,Merefleksikan Keteladanan, Figur Rasulullah SAW Dalam Menangkal Arus Globalisasi

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com – Musholla Nurul Quba JL Musyawarah RT,004 RW,004 Kelurahan Sawah Kecamatan Ciputat Kabupaten Tangerang Selatan Sabtu, (29/10/22).

Adapun acara ini diselenggarakan Untuk kegiatan pertama adalah Pembacaan surah yasin dan tahlil oleh ibu ibu majelis talim Nurul Quba hiburan Marawis majelis Talim Nurul Quba sebagai puncak acara menampilkan Marawis NURUL QUBA yang dipimpin oleh Ibu hj,Julaeha Rt,004 Rw,004kel.Sawah Kec,Ciputat Tangerang Selatan.Ceramah Agama dari Ust,Taufiqurrahman (USTAD PANTUN)

Sambutan yang disampaikan oleh ust H,MARYADI SE, Ketua panitia mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara ini.dan para panitia

“Acara ini berjalan atas kerjasama Pengurus Musholla NURUL QUBA dan pemuda Irma Serta POKDAR 213 diantaranya Syarifudin Amsori Ari parel Agus Suhaemi Oman iwan Saipul Solihin. Ring 213 59,Nama yg hadir 213 19,213 70 ,213 37 ,213 02 213 05 ,213 29 213 35 dan seluruh masyarakat lingkungan Sawah Ciputat terutama tokoh masyarakat ” ujarnya.

Sambutan yang disampaikan oleh Bp.Tugiono ketua DKM MUSOLLAH NURUL QUBA Bapak menyampaikan Mengatakan bahwa segala sesuatu dalam kehidupan tidak lepas dari keagamaan, seperti halnya dalam setiap kegiatan selalu mengutamakan Basmalah yang dalam artian diawali dengan ucapan Lafadz Allah.

Dirinya juga menyampaikan bahwa terkait keagaman ini sudah sejak dulu dijalani bahkan kegiatan keagamaan seperti Subuh Berjamaah sudah biasa di ikutinya, sehingga kebiasaan ini tidak bisa di tinggalkan dan hal inilah seharusnya juga dilakukan setiap pemimpin yang mana mengajak masyarakat untuk selalu memakmurkan MUSOLLAH NURUL QUBA dan mengutamakan keagamaan.

Selama menjabat sebagaiketua DKM Tetap akan di upayakan untuk tetap mengikuti kegiatan keagamaan baik itu Sholat Subuh berjamaah maupun kegiatan keagamaan lainnya. lanjut sambutan yang disampaikan oleh Ketua RT,004 RW 004 .BP.Maryoto

Baca Juga :  BTS Miring di Jalan Tegalrotan Bikin Panik Warga

Sambutan yang disampaikan oleh NUSAIBAH JAZULI,B.B.A.,MBA Selaku (Entrepreneur dan Aktifis Sosial) menyampaikan Alhamdulillah, ucapnya melanjutkan, atas izin Allah kita dipertemukan dalam suasana kekeluargaan dan penuh kedamaian serta penuh rahmat dalam rangka maulid nabi muhammad saw MUSOLLAH Nurul Quba.

Kita harus punya semangat bersama- sama untuk saling mendukung, ada solidaritas atau kebersamaan dalam membangun kearah yang lebih baik dengan tujuan pemberdayaan masyarakat yang lebih baik serta terarah. Mudah – mudahan atas izin Allah SWT, kita bisa saling mendukung program-program yang ada.

Acara yang dihadiri oleh jama’ah dan majelis talim diantara nya majelis talim Al.Mubarokah,pim.ibu hj,yanah,Mt,Al Muttaqin pim,ibu hj,yayan dan ibu hj,Basmi,Mt,Amalul Husna pim,ibu hj,Titi Amsiyah,Mt,Al Ikhlas pim,ibu hj,Sumiyaty,Mt,Al Hidayah pim,ibu hj,Salbiyah lingkungan Rt004/004,ketua RW, Bp dan para tokoh masyarakat,dan tokoh Agama .Ust baidolwih Ba,H, Syarief Zainal Arifin Drs h.muhammad Imron.Dr,H,Eman Sulaeman.M,S,i,

Tampak hadir perwakilan Mt, ZAMROD IHSAN AL AMIN.pimpinan Ibu.Hj.Nurhayati Hatta, Ceramah yang di sampaikan oleh doa.Ust,Taufik qurrahmanMenyampaikan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan beberapa perayaan keagaamaan, seperti acara pidato atau ceramah, zikir bersama, dan lainnya. Dari acara tersebut memiliki banyak hikmah bagi umat islam.

Perayaan dan segala bentuk acara yang di hiasi dengan berbgaia keunikan bukan hanya memberi hikmah bagi seseorang, bahkan bisa memberikan dampak positif bagi semuakalangan dan generasi penerus.

Bagi umat islam, pada umumnya pasti mengetahui kegiatan tersebut ada hikmahnya, tetapi masih ada juga beberapa kalangan yang tidak memahami betul apa saja hikmah yang bisa di ambil dari perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Untuk yang belum mengetahui apa hikmah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Berikut empat hikmah peryaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh umat islam setiap tahunnya.

Baca Juga :  Drainase Buruk, Beberapa Ruas Jalan di Tangsel Sering Tergenang Air Dikala Turun Hujan

1. Memupuk rasa cinta terhadap Rasulullah

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk ekspresi umat islam dan bukti bahwa umat muslim benar-benar mencintai Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Hari Maulid Nabi Muhamamd SAW, seluruh umat islam bersuka cita dan meneguhkan kembali kecintaan kepda Nabi Muhammad SAW. Kecintaan tersebut juga merupakan bentun cinta kepada Allah SWT.

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Katakanlah (Muhammad); Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” QS. Ali Imran ayat 31.

2. Meneladani sikap dan ucapan Rasulullah

Memperingati ataupun merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW berarti juga mengenang dan meneladanin Rasulullah.

Dengan selalu mengingat, akan menambahkan atau semakin meneguhkan dengan prilaku sikap maupun ucapan Nabi Muhammad SAW yang sangat patut untuk selalu kita praktekkan.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

“Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul sekaligus menjadi uswah hasanah (suri teladan yang baik) bagi umatnya.“ QS Al-Ahzab ayat 21.

3. Melanjutkan perjuangan Rasulullah

Dengan selalu meneladani Nabi Muhammad SAW juga merupakan bentuk meneruskan perkuangan Rasulullah dalam menegakkan agama islam sebagai agama yang lurus.

Dalam hal tersebut, umat islam senantiasa diharuskan untuk terus mengamalkan Al-Quran dan Hadist dalam segala aspek di kehiduoan sehari-hari.

4. Memperbanyak Shalawat

Dengan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhamamd SAW merupakan bentuk penghormatan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, hal tersebut merujuk pada firman Allah SWT QS. Al-Ahzab ayat 56.

Baca Juga :  Pilar Saga Ichsan Hadiri Pelantikan Pengurus DMI Tangsel Periode 2021 - 2026

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Dengan doa.Ust,Taufik qurrahman Harapan kedepan agar generasi masa depan bisa mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW dan mengajak masyarakat untuk sholat Berjama’ah di Musholla Nurul Quba ini. (Hasan)