Beranda Berita Photo STIE Ganesha Ciputat Gelar PPKMB Bagi Mahasiswa Baru

STIE Ganesha Ciputat Gelar PPKMB Bagi Mahasiswa Baru

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com — Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) 2022 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) GANESHA mulai dilaksanakan pada hari ini 15 September – 17 September mendatang.

Kegiatan PKKMB kali ini terbagi pada 3 tahap pelaksanaan. Tahap pertama dilaksanakan secara offline pada hari ini di Lapangan Olahraga STIE Ganesha, Ciputat Legoso Raya, Tangerang Selatan. Kemudian esok dan lusa 16-17 September, diselenggarakannya berbagai Perlombaan dan sekaligus untuk menutup kegiatan PKKMB.

PKKMB merupakan pengenalan awal atmosfer kampus sebelum mahasiswa melaksanakan kuliah. Tentunya kegiatan PPKMB ini, dirancang lebih edukatif, mengarah pengembangan intelektualitas, seni dan penalaran.

Acara PPKMB ini diisi oleh para dosen secara langsung untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru. Tujuannya agar mahasiswa dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, paham dan mengerti akan sistem pendidikan di perguruan tinggi, khususnya di STIE GANESHA.

GANESHA sebagai kampus yang memiliki motto “Unggul Cerdas Mandiri”, tentunya ingin memberikan ruang untuk para mahasiswanya guna mewujudkan mahasiswa yang unggul dan berprestasi selama kuliah.

Kegiatan PKKMB juga merupakan sarana bagi kampus untuk memfasilitasi mahasiswa baru. Dimana dengan PPKMB diharapkan dapat membantu proses masa transisi mahasiswa. Dari seorang siswa menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru dengan kehidupan kampus, sebagai bekal untuk meraih keberhasilan selama Pendidikan.

Panitia telah menyusun ruang bagi mahasiswa untuk bersosialiasi dengan tim dosen dan tenaga pendidik (tendik). Untuk memeriahkan kegiatan disiapkan berbagai kegiatan perlombaan, berupa games (permainan) yang tentunya akan memiliki makna di setiap pelaksanaan. Permainan demi permainan pun lancar dan tanpa ada kendala.

“Alhamdulillah kegiatan tangkaian PPKMB 2022 dapat berjalan dengan sukses. Para mahasiswa baru merasa senang, semua dapat menikmati seluruh rangkaian acara. Hal ini penting sehingga apa yang disampaikan leh pemateri dapat tersampaikan dan diterima oleh mahasiswa dengan jelas”. Punkas Fahri SH. selaku Ketua STIE GANESHA.

Baca Juga :  Benyamin-Pilar Konsisten Wujudkan Tangerang Selatan Sebagai Kota Cerdas

Di PKKMB hari pertama dipaparkan juga materi kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner) merupakan bagian isi penting dari materi yang disampaikan oleh Bapak Fahri SH.

“Selamat datang di STIE GANESHA. Teruslah berproses, selalu berusaha untuk belajar menjadi yang terbaik, serta bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Smart (pintar) saja tidak cukup, harus dibarengin dengan Attitude (sikap) yang baik. Sehingga Anda akan menjadi unggul untuk bersaing, menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21,” pungkas Fahri.

Fahri berharap kompetensi-kompetensi seperti kemampuan berpikir nalar, kreatif dan kritis, problem solving, terampil berkomunikasi, dapat berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karier, serta pentingnya belajar sepanjang hayat merupakan kompetensi yang penting didapatkan oleh setiap mahasiswa.

Perkembangan global menghendaki cara pikir baru dengan kemampuan mumpuni dalam memahami kompleksitas permasalahan masa yang akan datang, yang bukan tidak mungkin sebagian permasalahan belum terdeteksi pada saat ini.

Kondisi ini menjadi tantangan sekaligus tuntutan yang harus direspon oleh kalangan pendidikan tinggi termasuk mahasiswanya dengan kesiapan pola pikir next practiced (Future-ready Mindset for Tomorrow People).

Mahasiswa baru harus dibekali dengan pola pikir berjarak pandang agar mampu bersenyawa dengan ekosistem Revolusi Industri 4.0

(Red/Humas)