Beranda Advetorial Benyamin-Pilar Konsisten Wujudkan Tangerang Selatan Sebagai Kota Cerdas

Benyamin-Pilar Konsisten Wujudkan Tangerang Selatan Sebagai Kota Cerdas

BERBAGI

TANGSEL, Beritatangsel.com – Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan, Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, terus berupaya mewujudkan kota Tangerang Selatan sebagai kota cerdas, modern dan religius (Cimor).

Salah satu variabel Tangerang Selatan masuk sebagai kota Cerdas, ditandai dengan adanya pelayanan terintegrasi yang berbasis digital hingga infrastruktir yang memadai.

Salah satu Ikhtiar tersebut, direalisasikan dengan cara menghadirkan layanan jaringan super cepat, dalam bentuk nirkabel atau biasa disebut dengan 5G yang itu adalah generasi kelima nirkabel dibidang informatika.

Fasilitas ini, akan menjadikan Tangerang Selatan, sebagai pusat kota bisnis, perdagangan dan layanan untuk skala domestik dan internasional, juga termasuk sebagai kota residensial bagi masyarakat urban.

PT Nanotech Indonesia Global Tbk perusahaan swasta, saat ini tengah menyiapkan program kerjasama yang akan disinergikan dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, guna menguatkan Tangsel sebagai Smart City atau Kota Cerdas.

Emiten berkode saham NANO itu, menyiapkan sejumlah teknologi dan digital platform bagi masyarakat Tangsel.

Pengamat Tata Kota Erick Nurdiyansah mengatakan visi Tangsel Kota Cerdas merupakan mimpi besar bagi sebuah kota bertaraf dunia. Tangsel hari ini, walau terbentuknya belum lama, telah menjadi kota dengan kemajuan dan modernisasi yang cukup pesat.

“Kota Tangsel itu masih muda, tetapi saya kira telah mampu melakukan lompatan besar. Dengan motto sebagai Kota Cerdas, Modern, Ralijius, visi besar menjadikan kota ini sebagai modern and smart city terlihat dan dapat dirasakan capaiannya. Upaya Pemimpin terdahulu yakni Airin-Benyamin kemudian dilanjutkan oleh Benyamin-Pilar, saya kira cukup konsisten, termasuk ikhtiar menghadirkan layanan jaringan super cepat generasi kelima nirkabel 5G itu,” kata Erick Nurdiansyah.

Seperti diketahui, Kota Tangerang Selatan telah dianugerahi penghargaan Implementasi Program Smart City Kategori Smart Society dalam Gerakan Menuju Smart City dari KOMINFO RI tahu 2022 ini.

Baca Juga :  Anggota Polsek Jatibarang Kawal Pendaftaran Balon Kuwu

Sebelumnya, Kota Tangsel juga meraih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia tahun 2018 yang diberikan Harian Kompas. Penghargaan itu diberikan kepada kota-kota yang dinilai berhasil menerapkan konsep kota cerdas atau Smart City.

Selain itu, Kota Tangsel pernah meraih Penghargaan Smart Society dan smart ecosystem dalam program Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 dari Kementerian Pariwisata.

Tangsel menjadi salah satu peraih dari total 63 pemenang untuk kota, kabupaten, dan provinsi terpilih. Penghargaan tersebut merupakan yang pertama diraih Pemkot Tangsel dalam program ISNA, program yang bertujuan mengkampanyekan praktik pintar (smart) dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia.

Kota Tangsel juga meraih Smart City Nusantara Award dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Penghargaan itu diberikan lantaran Pemkot Tangsel dinilai memiliki inisiatif menerapkan konsep Smart City.

Penghargaan serupa pernah diberikan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk kategori Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017. Saat itu, Kota Tangsel menggondol 8 penghargaan untuk kategori Rating Ekosistem Kompetitif, Rating Keamanan dan Kebencanaan Kora (Safe & Secure Cities), Rating Lingkungan Cerdas (Smart Environment), Rating Mobility (Smart Mobility), Rating Ekosistem Teknologi Finansial, Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy), Rating Sosial Cerdas (Smart Social), Rating Ekosistem Inovasi.

Dengan penerapan Smart City yang secara konsisten didorong selama ini oleh Walikota Benyamin Davnie dari sejak dirinya menjabat Wakil Walikota dibawah kepemimpinan Walikota Airin Rachmi Diany, membuat aksesibiltas masyarakat untuk mendapat segala informasi menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Keberadaan smart city lanjut Erick, menjadikan Tangsel sebagai destinasi warga urban yang layak dan nyaman. Apalagi secara geografis. Tangsel berada di jalur strategis penyangga ibu kota, pusat ekonomi dan pusat pemerintahan.

Baca Juga :  Aksi Peduli Lingkungan Gafatar Di Komplek Batan Indah Ciater

“Berkah dari ikhtiar Smart City adalah tata kota Tangsel lebih humanis, terintegrasi dan nyaman. Ini tentu saja perlu dukungan penuh dari masyarakat sehingga akan semakin cepat terwujudnya kota maju, modern dan bersaing dengan kota-kota maju di dunia,” tutup Erick. (Haji Merah)