Beranda Berita Photo Pemkab Tangerang Terus Gencarkan Tanam Mangrove di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture

Pemkab Tangerang Terus Gencarkan Tanam Mangrove di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com — Pemerintah Kabupaten Tangerang terus menggencarkan penanaman mangrove di kawasan Ketapang Urban Aquaculture Desa Ketapang, Kecamatan Mauk. Aksi ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI dalam program penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi.

Kali ini, penanaman mangrove dilakukan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia dan pelestarian lingkungan pesisir pantai melalui program Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

“Tentunya ini merupakan moment yang tepat bagi kita semua untuk bersama sama menggaungkan Nilai-nilai Strategis Instrumental Revolusi Mental melalui penanaman mangrove,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jainudin.

Penanaman pohon mangrove tersebut merupakan aksi nyata dalam mendorong etos kerja dan gotong royong untuk kemandirian ekonomi masyarakat. Selain itu, ini pun dilakukan untuk menekan dampak perubahan iklim atau global climate change.

“Ini menjadi kesadaran kita bersama untuk menjaga kelestarian alam. Karena menjaga dan merestorasi kesehatan lingkungan merupakan tugas dan kewajiban semua pihak termasuk masyarakat sendiri,” jelasnya.

Menurut Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), sebagai negara yang berada di ring of fire, Indonesia memiliki potensi bencana yang tinggi. Antisipasi dan penanganan bencana pun menjadi hal yang harus selalu ditingkatkan.

Oleh karena itu Pemerintah melakukan aksi nyata dalam bentuk penanaman 10 juta pohon yang dilaksanakan sepanjang 2022 hingga 2023 sebagai implementasi dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Diketahui, luas kawasan Ketapang Urban Aquaculture sekitar 14,5 hektar, pun jenis mengrove yang dikoleksi yakni mencapai 15 jenis spesies terdiri dari Xylocarpus granatum, Bruguiera gymnoriza, Bruguiera cylindrica, Rhizopora mucronata, Rhizopora apiculate, Rizophora stilosa, Ceriop tagal, Sonneratia alba, Sonneratia casiolaris, Lumitzera racemossa, Nypa Fruticans, Avicienna Marina, Avicienna alba, Avicienna lanata, Avicienna officinalis.

Baca Juga :  Tangkal Hoax, Masyarakat Tangerang Diajak Cerdas Bersosial Media

(Alan pratama)