Beranda Advetorial Kelompok Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Bermain Smartblock Guna...

Kelompok Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Tingkatkan Kreativitas Anak Dengan Bermain Smartblock Guna Mengurangi Kecanduan Gadget

BERBAGI

Beritatangsel.com — Kemajuan era globalisasi membawa dampak besar terhadap generasi muda dalam bidang-bidang tertentu, seperti pendidikan, kebudayaan, teknologi dan informasi.

Khususnya dalam era digital seperti ini, karena mudah digunakan dan diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari untuk semua kalangan, baik dari kalangan anak usia dini sampai usia lanjut.

Namun pada kenyataannya masih banyak manfaat yang disalahgunakan oleh sebagian besar masyarakat, khususnya pada anak-anak yang tidak menggunakan teknologi untuk menambah pengetahuan atau meningkatkan kecerdasan, tetapi mereka lebih sering menggunakan teknologi tersebut untuk bermain-main.

Melihat dampak negatif dari perkembangan ini, Mahasiswa Universitas Pamulang melalui Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMkM) yang diketuai oleh Deny Kurniawan serta didampingin Nur’aini, Richad Andrico dan Shania Meryis Serta dibimbing oleh Bapak Baharuddin Saga S.E., M.M., B.K.P. Selaku dosen pembimbing berikan langsung pemahaman akan bahaya dampak negatif dari efek digital ini.

Tujuan kegiatan ini didasari oleh Tridharma Perguruan Tinggi, yang dimana Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Pada kegiatan ini, Kelompok PMKM Mahasiswa Universitas Pamulang mengusung tema “Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Bermain Smartblock guna Mengurangi Kecanduan Gadget” yang dilaksanakan di PAUD Cipta Ceria, Jl. Ketapang II RT.001/05, Pamulang Barat, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan (19/11/2021)

Menerapkan metode Smartblock siswa/i PAUD Cipta Ceria dapat meningkatkan kreativitas serta siswa/i dapat mengurangi bermain gadget dengan sesuatu yang baru dan menarik sehinga siswa/i akan termotivasi dalam meningkatkan kreativitas dan beralih dari bermain gadget menjadi bermain smartblock.

Baca Juga :  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Pamulang

Dengan Mengajarkan bermain smartblock di TK atau PAUD dapat dilaksanakan dalam batas-batas aturan pengembangan prasekolah serta pada prinsip dasar hakiki dari TK atau PAUD sebagai sebuah taman bermain, sosialisasi, dan pengembangan berbagai pengembangan pra-akademik yang lebih substansi pada bidang pengembangan kemampuan dasar, yang meliputi kemampuan membaca atau berbahasa maupun kemampuan menulis, kognitif, fisik-motorik, dan seni.

Serangkaian tindakan itu diharapkan dapat mengubah suasana pembelajaran kearah pembelajaran yang lebih memungkinkan anak didik terlibat secara aktif dan menyenangkan. Selain itu guru harus kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berfungsi memediasi timbulnya karakter anak didik menjadi aktif, kreatif, dan inovatif, sehingga anak belajar secara efektif, dan merasa senang.

Oleh karena itu, dengan adanya program edukasi singkat “merupakan bentuk kegiatan yang positif yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas motorik dan minat belajar pada anak, sehingga dapat mengurangi kecanduan dalam bermain gadget”.

Selama kegiatan PMKM berlangsung anak–anak TK Cipta Ceria terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai

Dalam melaksanakan PKM ini para mahasiswa/i dan peserta mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian plakat oleh Baharuddin Saga S.E., M.M., B.K.P. Kepada Pembina TK Cipta Ceria sebagai bentuk terima kasih yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dapat memberikan pemahaman yang bermanfaat untuk adik-adik dan berguna untuk kedepan nya. “Ucap syukur ketua di akhir sesi acara.

Artikel : Kelompok PMkM Universitas Pamulang