Beranda TANGERANG SELATAN Ciputat Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Tingkatkan Kemandirian dan Produktivitas Anak Melalui Inovasi Limbah...

Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Tingkatkan Kemandirian dan Produktivitas Anak Melalui Inovasi Limbah Plastik yang Bernilai Jual

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com — Mahasiswa merupakan seseorang yang belajar di perguruan tinggi baik universitas, institut atau akademi. Dalam hal ini, mahasiswa tidak dituntut untuk sekadar berlajar saja, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Dalam penerapan tersebut, Mahasiswa Universitas Pamulang program studi Akuntansi melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PMKM) di Taman Baca Kolong, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Minggu, (10/10/2021).

Dengan mengangkat tema “Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Produktivitas Anak dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Menjadi Inovasi yang Bernilai Jual”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok PMKM Mahasiswa Universitas Pamulang yang diketuai oleh Isna Septiya didampingi Putri Sriasih, Nurfadilla Aulia Rahman, dan Astri Elvani. Serta ditinjau langsung oleh bapak Eka Rima Prasetya M.pd. Selaku dosen pembimbing.

Melalui Kegiatan PMKM ini, Mahasiswa Universitas Pamulang bertujuan memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola sampah plastik menjadi pundi-pundi rupiah untuk menambah penghasilan di masa pandemi.

Perlu diketahui, Pandemi Covid-19 telah memasuki Indonesia dua tahun belakangan ini yang berdampak besar pada sektor ekonomi khususnya bagi pendapatan masyarakat kalangan bawah, seperti banyaknya PHK dan penutupan usaha-usaha, sehingga masyarakat merasakan dampak dari berkurangnya penghasilan.

Acara yang dihadiri anak-anak sebagai peserta, diberikan materi dan praktik ini diharapkan agar anak-anak dapat meningkatkan kreativitas serta dapat berinovasi dengan memanfaatkan Sampah disekitar mereka dengan mendaur ulang sampah tersebut, seperti membuat kerajinan yang bernilai jual.

Melalui cara ini dapat sedikit mengurangi masalah dan membantu mengatasi penumpukan sampah pada lingkungan.

Baca Juga :  Humas pemkot Tangsel Ajak DPRD Tulung Agung Belajar Kehumasan

Ketua Kelompok PMKM berharap dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat membantu dan memotivasi anak-anak untuk menanamkan pentingnya mengelola sampah menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai jual.

Dipenghujung kegiatan, Mahasiswa Universitas Pamulang mengucapkan Terima Kasih kepada dosen pembimbing yaitu Bapak Eka Rima Prasetya M.pd. yang sudah meninjau langsung kegiatan PMKM ini.

Serta berterima kasih kepada kakak-kakak yang telah memberi izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan bersama adik-adik Taman Baca Bolong.

Artikel : Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang