Beranda Berita Photo Karang Taruna Parigi Garap Lahan Tidur Jadi Agrowisata

Karang Taruna Parigi Garap Lahan Tidur Jadi Agrowisata

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com — Karang Taruna Kelurahan Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang (Tangsel) secara resmi bentuk Taruna Tani, sebagai salah satu upaya pemberdayaan dan ketahanan pangan, melibatkan Dinas Ketahan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Tangsel.

Dijelaskan Ketua Karang Taruna kelurahan Parigi Andhika, Taruna Tani dibentuk berangkat dari keprihatinan banyak lahan tidur milik pengembang yang sebagian digarap oleh warga setempat.

“Diantaranya, lahan yang berada dilingkungan RW 06, sepertinya cocok untuk dijadikan lahan pertanian dan agrowisata,” kata Andhika, Selasa (2/11/2021).

Andhika menyebutkan, salah satu target yang diharapkan dari Taruna Tani adalah terhimpunnya kelompok taruna dan pemuda tani wirausaha, Jejaring tersebut diharapkan mampu menjadi Wira usaha dibidang pertanian.

“Ini juga sekaligus upaya tongkat estafet pelaku pertanian tidak akan berhenti, karena banyaknya anak muda yang berminat terjun di dunia pertanian dengan pola pikir berkelanjutan,” terang dia.

Ketua Taruna Tani Gilang Nalamaya mengatakan, lahan tersebut direncanakan bakal dijadikan tempat agrowisata. Selain lokasi yang strategis, para pemuda ini berharap generasi kedepannya dapat menghargai pentingnya ekosistem alam di bumi.

Surdi, Ketua Karang Taruna kelurahan Kunciran Pinang menunjukkan kepada kami potensi – potensi yang ada di lokasi. Dan juga menjelaskan beragam tanaman yang saat ini telah digarap oleh mereka.

“Kita rencana bakal bikin saung untuk edukasi bagi pelajar supaya mengetahui jenis pohon dan proses cara menanam, sebagai ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, para petani muda yang tergabung dalam Taruna Tani ini masing – masing memiliki komoditas yang diunggulkan.

“Komoditas tersebut antara lain adalah tanaman pangan, hortikultura, bahkan rencananya, akan dijadikan tempat pembibitan tanaman anggur,” ujarnya.

(Red/Abah Ade)

Baca Juga :  Masyarakat Tangerang Dapat Vaksin 1500 Dosis, FRAKSI NKRI : Berkat Bantuan Kerjasama Mabes Porli dan Polres Tangsel