Beranda Headline Berjalan Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak anak-anak lakukan Pemanfaatan Barang Bekas

Tingkatkan Kreativitas Anak, Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak anak-anak lakukan Pemanfaatan Barang Bekas

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com — Barang bekas merupakan suatu permasalahan yang sulit untuk ditangani terutama di indonesia. Hal ini disebabkan karena kebiasaan masyarakat sebagai konsumen yang selalu menghasilkan barang bekas yang mengakibatkan adanya penumpukan Barang Bekas.

Barang bekas dapat sangat bermanfaat bagi kebersihan lingkungan, memunculkan ide-ide kreatif bagi anak-anak jika dapat mengubahnya menjadi produk yang lebih bermanfaat bagi lingkungan

Pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna atau menjadi suatu kerajinan tangan merupakan solusi yang baik dalam mengurangi penumpukan barang bekas.

Berangkat dari itu, Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang mengusung kegiatan dengan tema “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Media Pemanfaatan Barang Bekas (Recycle) Pada Anak-Anak” mengajak anak-anak di Taman Baca PEKA, Jl. Srikandi No.34, Pd. Benda, Kec. Pamulang, Lakukan pemaparan materi mengenai pemanfaatan barang bekas yang diubah menjadi “Celengan” dalam rangka menumbuhkan jiwa yang cinta kebersihan dan gemar  menabung sejak dini. Pada hari Minggu (10/10/2021).

Anak- anak yang tergabung sebagai peserta diajak untuk mewarnai botol bekas dengan cat serta menghiasnya menggunakan kardus / kertas bekas sehingga membentuk sebuah celengan yang mereka bisa pakai untuk menabung.

   

Selain memberikan pemahaman tentang memanfaatkan barang bekas, Kelompok Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Universitas Pamulang yang diketuai oleh Monika Agustina didampingi Oktapianus, Annisa Linggarayu dan Adam Sugama dan dibimbing langsung oleh Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M selaku Dosen, juga memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk berani mengungkapkan pendapatnya dimuka umum dengan cara mendengarkan cerita dari anak-anak tentang pengalamannya menabung. Mulai dari alasan untuk membeli peralatan sekolah, jalan-jalan, membantu orang tua, hingga membantu teman-teman yang membutuhkan.

Perwakilan Taman Baca PEKA sangat mengapresiasi kegiatan PMKM yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Universitas Pamulang semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang luas dan ilmu pengetahuan bagi Anak-anak.

Baca Juga :  Mahasiswa Universitas Pamulang Adakan Penyuluhan Mengenai Protokol Kesehatan serta Adaptasi Kehidupan New Normal

Dengan mengemban Tridharma Perguruan Tinggi sesuai UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9, dilakukannya kegiatan PMKM ini bertujuan untuk memberikan pengajaran kepada anak-anak tentang cara memanfaatkan barang bekas di lingkungannya. Tujuan dari kegiatan ini juga  untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan dan mengubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat. Tujuan yang ingin dicapai adalah menciptakan lingkungan bebas sampah dan memicu kreativitas anak dalam menggunakan barang bekas, serta membangkitkan minat anak untuk menabung sejak dini.

Di akhir kegiatan, Mahasiswa/i juga memberikan bingkisan sebagai bentuk terima kasih dan sebagai semangat untuk anak-anak berkreasi dan rajin menabung.