Beranda Berita Photo Apa Sih Pasar Modal Dan Instrumen Pasar Modal Itu ?

Apa Sih Pasar Modal Dan Instrumen Pasar Modal Itu ?

BERBAGI

Beritatangselcom — Apa Sih Pasar Modal Dan Instrumen Pasar Modal Itu ?

Menurut Adhisa Dwi S dkk, 2018 dan Arif Agung Purnama dkk, 2017, Pasar Modal (Capital Market), adalah pasar digunakan berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperjual belikan, baik dalam bentuk utang ataupun modal sendiri.

Serta instrumen-instrumen keuangan yang diperjual belikan di pasar modal seperti saham, obligasi, waran, right, obligasi konvertibel, dan berbagai produk turunan (derivatif) seperti opsi (put atau call).

Instrumen Pasar Modal adalah semua surat berharga (efek) yang secara umum diperjual belikan melalui Pasar Modal. Menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Menurut (Tandelilin, 2001:18) menjelaskan beberapa instrumen pasar modal, sebagai berikut :

Saham
Saham merupakan surat tanda bukti kepemilikan atas aset-aset perusahaan dalam bentuk PT. Saham merupakan salah satu jenis sekuritas yang paling populer di pasar modal. Dengan memiliki saham, investor akan memperoleh dividen dan dapat memanfaatkan fluktuasi harga saham dengan menjual saham tersebut untuk memperoleh keuntungan yang dinamakan capital gain.

Obligasi
Obligasi merupakan sertifikat yang berisi kontrak antara investor dan perusahaan, yang menyatakan bahwa investor sebagai pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan (emiten). Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Reksadana
Reksadana adalah sertifikat yang menjelaskan bahwa pemiliknya menitipkan sejumlah dana kepada perusahaan reksadana untuk dikelola oleh manajer investasi profesional, agar digunakan sebagai modal berinvestasi baik di pasar modal maupun di pasar uang.

Instrumen Derivatif
Instrumen derivatif merupakan sekuritas turunan dari suatu sekuritas lain, sehingga nilai instrumen derivatif sangat tergantung dari harga sekuritas lain. Ada beberapa jenis instrumen derivatif, diantaranya waran, bukti right (right issue), opsi dan future.

Baca Juga :  Densus 88 dan Tim Kepolisian, Berhasil Membekuk Teroris Di Bekasi, Tangsel dan Banten

Fungsi Pasar Modal 
Fungsi Pasar modal memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara karena pasar modal mempunyai 2 fungsi, yaitu :

Fungsi Ekonomi
Pasar modal menyediakan fasilitas atau sarana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak investor dan pihak yang memerlukan dana.

Fungsi Keuangan
Pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Di negara berkembang seperti Indonesia, pasar modal berfungsi sebagai barometer pertumbuhan ekonomi nasional. Pasar modal juga dapat memberi gambaran terhadap perekonomian dunia. Pasar modal menjadi sumber pendanaan proyek nasional dan internasional yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Di negera Indonesia fungsi pasar modal:
Sumber Pendapatan Negara melalui Pajak
Transaksi di pasar modal dikenakan pajak, terutama terhadap deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham, atau diatur berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf g Undang-Undang PPH.

Sarana untuk Menghimpun Dana dari Masyarakat oleh Negara dan Perusahaan melalui Penerbitan Obligasi dan Penjualan Saham.

Perusahaan ataupun pemerintah dapat memperoleh dana dengan menerbitkan obligasi berupa Corporate Bond dan Government Bond serta menjual saham ke pasar modal melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai Alternatif Investasi bagi Para Investor
Sarana bagi investor untuk melakukan investasi dengan sejumlah dana, di pasar modal para Investor bisa dengan mudah memindahkan aset yang dimiliki dari suatu perusahaan ke perusahaan lain untuk memperoleh keuntungan.

Pendorong Perkembangan Dunia Investasi
Dengan adanya tambahan modal yang didapat dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan semakin meningkat.

Indikator Perekonomian Negara
Kenaikan seluruh aktivitas dan volume perdagangan di pasar modal memberikan pedoman atau indikator bahwa aktivitas dunia usaha berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Motor Parkir Sembarangan di Jembatan Berendeng Bikin Macet Jalan

Menciptakan Peluang Tenaga Kerja
adanya pasar modal dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak sangat signifikan terhadap terciptanya peluang lapangan kerja baru.

Manfaat Pasar Modal

Bagi Emiten
Dari berbagai macam instrumen modal dan juga instrumen keuangan, emiten dapat bekerja dengan memanfaatkan pasar modal.

Bagi Investor
Investor berkontribusi dalam membeli berbagai macam instrumen modal yang dijual dan juga ditawarkan di dalam pasar modal. Biasanya investor yang membeli penawaran dari para emiten di pasar modal dapat berupa perseorangan atau pun persero.

Bagi Pemerintah
Negara atau pemerintah merupakan salah satu elemen atau pihak yang secara langsung memperoleh manfaat dan juga keuntungan dari adanya pasar modal.

Artikel ; Fitri Mulyani