Beranda Berita Photo KATA-KATA BIJAK KETUA YAYASAN SASMITA JAYA UNIVERSITAS PAMULANG MENCERDASKAN ANAK BANGSA

KATA-KATA BIJAK KETUA YAYASAN SASMITA JAYA UNIVERSITAS PAMULANG MENCERDASKAN ANAK BANGSA

BERBAGI

Beritatangsel.com — Kesempatan yang berbahagia minggu ketiga bulan Februari periode 18-20 tahun 2021, manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan pembinaan dan pertemuan seluruh Dosen Universitas Pamulang, acara berlangsung selama tiga hari di gedung Victor lantai 8.

Peserta yang mengikuti pembinaan adalah dosen Universitas Pamulang dengan jumlah sekitar 2.089 orang, namun tidak semuanya hadir karena beberapa alasan, dari jumlah tersebut di laksanakan pada hari Kamis, jum,at dan Sabtu di bagi menjadi 6 sesi dengan mengikuti protokol kesehatan.

Dosen yang mengikuti dari berbagai program studi “Manajemen, Sekretaris D3, Akuntansi D3, Akuntansi S1, Ilmu Hukum, Magister Hukum, Magister Manajemen, Magister Komputer, PPKN, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Pendidikan Ekonomi, Matematika, Teknik Informatika, Mesin, Kimia, Elektro, Industri, dan Sistem Informasi.

Kemudian dari program studi dan jumlah dosen yang hadir diberikan pembekalan materi yang di sampaikan oleh ketua Yayasan Sasmita Jaya, Rektor, wakil Rektor 1, 11, 111,dan 1V, ketua LP3, ketua LPPM, ketua LPM, kepala kepegawaian, ketua bisnis development, PIC sistem HRMS, dan koordinator Unimart.

Dalam kegiatan pembinaan dosen tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan baik menggunakan masker, menjaga jarak dengan tempat duduk atau kursi yang terpisah serta menggunakan hand sanitizer. Hal tersebut menjadi perhatian oleh karena itu semua sudah di atur dengan baik, pada saat absensi masuk dan selesai acara tetap menjaga jarak dengan tidak berkerumum.

Pembinaan dosen Universitas Pamulang di lakukan sebelum mengawali semester atau sebelum pembelajaran di mulai, dari rangkaian kegiatan tersebut ada beberapa hal fokus dosen terutama menjalankan “Tri Darma Dosen” yaitu proses belajar mengajar, pengabdian kepada masyarakat, dan penelitian dosen.

Selain “Tri Darma” dosen juga di tuntut untuk mengurus JAD (Jabatan Akademik Dosen), meningkatkan keterampilan dan kemampuan terutama dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, jurnal internasional, jurnal nasional, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi rekam jejak dosen karena semua terintegrasi dengan sistem tanpa ada rekayasa.

Untuk mencapai visi dan misi kampus atau Universitas yang terbaik dari peringkat 97 menuju peringkat 40 besar di tahun 2024, tentunya menjadi bahan evaluasi untuk membangun kesadaran dosen dalam kegiatan “Tri Darma” dan kegiatan dosen teknis lainya.

Baca Juga :  Prodi Akuntansi S1 Unpam Gelar Seminar Nasional dan Call For Papers Tentang Inklusi Keuangan

Dosen Universitas Pamulang menjadi role model dalam mengembangkan kegiatan kelembagaan seperti yang di uraikan diatas serta mampu memberikan solusi apa yang di butuhkan mahasiswa, mengajak masyarakat untuk kuliah di Universitas Pamulang, inovasi dan kreatif dalam kegiatan kampus terutama dalam kegiatan belajar baik tatap muka atau belajar online, dan lain sebagainya. Menjadi proritas bahwa hal tersebut untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih pintar dan mandiri.

Berikut penulis akan menguraikan kata-kata bijak yang di sampaikan oleh Bpk. Hc. Darsono (Ketua Yayasan Sasmita Jaya Universitas Pamulang) kemarin Kamis 18 Februari 2021, kebetulan saya mengikuti dalam pembinaan Dosen tersebut. Adapun kata-kata bijak dan motivasi yang penulis rangkumkan sebagai berikut :

1.”Hari Esok Jauh Lebih Baik Dari Pada Hari Ini”

Uraian kata diatas adalah mengajak kepada semua dosen untuk memperbaiki diri tentunya melalui aktifitas kampus atau di luar kampus, terutama dalam pengembangan potensi diri dosen masing-masing. Tujuan ini menjadi himbauan Bpk. Hc. Darsono agar semua dosen bisa lebih baik dan ada kemajuan baik dari perubahan kehidupan, penghasilan, dan lain sebagainya.

2.”Memutuskan Mata Rantai Kebodohan dan Kemiskinan”

Uraian kata diatas adalah mengajak kepada semua elemen masyarakat bisa meneruskan pendidikan yang lebih tinggi tentunya kuliah di Universitas Pamulang (UNPAM), dengan biaya terjangkau dan mampu di raih untuk masyarakat menengah ke bawah itu lah tujuan yang sangat mulia yang selalu di sampaikan Bpk. Hc. Darsono

3.”Estafet ilmu Menjadi Sopir yang Baik Agar Penumpang Menjadi lebih Banyak”

Uraian kata diatas adalah agar semua Dosen Universitas Pamulang mampu membawa mahasiswa dan mahasiswi ke jalan yang lebih baik terutama dalam memberikan materi kelas atau daring, proses belajar mengajar, dan pemberian motivasi lainnya. Sehingga jika prosesnya berjalan baik mahasiswa dan dosen akan ikut serta mempromosikan bahwa Universitas Pamulang di rekomendasikan kepada masyarakat Untuk kuliah.

4.”Membangkitkan Semangat Pola Pikir Masyarakat Kaum Marginal”

Uraian kata diatas adalah mengajak kepada semua kalangan masyarakat bagi yang keterbatasan biaya, belum bisa mempunyai waktu yang tepat, masyarakat pinggiran, untuk bisa melanjutkan kuliah di Universitas Pamulang dengan biaya terjangkau berbeda dengan kampus lain. Yang paling penting waktu kuliah bisa memilih dan mengatur waktu sesuai dengan keinginan seperti Reguler B (Kuliah Hanya Malam Hari), Reguler A (Kuliah Hanya Pagi Hari), Reguler C (Kuliah Hanya Hari Sabtu), dan Reguler CK (Kuliah Hanya Hari Kamis).

Baca Juga :  Di Pondok Aren Permohonan AJB Kelar dalam 3 Hari

Solusi untuk masyarakat yang berbatasan waktu, biaya, dan lemahnya cara berpikir, ketua yayasan Sasmita jaya Bpk.HC. Darsono mengajak kepada semua masyarakat bisa kuliah dengan kondisi apapun terutama yang sudah di uraikan di atas.

5.”Dosen Wajib Mempunyai Jabatan Akademik”

Uraian kata diatas adalah mengajak kepada semua dosen untuk mengurus JAD (Jabatan Akademik Dosen) dari tenaga pengajar, asisten ahli, Lektor, lektor kepala, dan guru besar. Hal tersebut merupakan kewajiban yang di miliki oleh dosen oleh karena dari manajemen kampus menegaskan agar masing-masing individu dosen berperan penuh dalam mengejar dan mengurus jabatan akademik dosen tersebut.

6.”Kebangkitan dan Kebaikan Suatu Lembaga Tergantung Dengan Dosen”

Uraian kata diatas adalah ini menjadi peran penting bahwa dosen menjadi sopir untuk membawa penumpang ke arah yang lebih baik terutama dalam memberikan ilmu, proses belajar mengajar, memberikan motivasi dan wawasan kepada mahasiswa. Tentunya ini dukung dengan keterampilan dan kemampuan dosen, mempunyai jabatan akademik dosen, dan kegiatan teknis lainnya.

7.”Dari Kampus Peringkat 97 Menuju Peringkat 40 Di Tahun 2024″

Uraian kata diatas adalah menjadi target kampus yang di sampaikan oleh ketua yayasan Bpk.HC. Darsono semua pihak berperan terutama melengkapi syarat akreditasi kampus tentunya dalam hal ini seluruh program studi bertanggung jawab baik prosedur, sistem, dan dari semua unsur sumber daya manusia yang terkait mahasiswa, dosen dan lain sebagainya.

9.”Menciptakan Suasana Harmonis Baik Di Kampus Maupun Di Rumah Tangga”

Uraian kata diatas adalah mengajak kepada semua para Dosen agar membangun suasana harmonis baik di kampus maupun di rumah maksudnya hubungan terhadap orang-orang sekitar, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Siapa saja di lingkungan sekitar di kampus terhadap mahasiswa, rekan sesama dosen, dan lainya sedangkan di rumah tentunya harmonis terhadap anak, istri, suami, tetangga dan lain sebagainya.

10.”Potensi Bank Mahasiswa Dengan Bunga Lebih Kecil”

Baca Juga :  Ratusan Petugas Kepolisian Jaga Penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel Terpilih

Uraian kata diatas adalah ini menjadi impian agar mahasiswa menabung di bank dengan bunga cicilan yang relatif kecil, maksudnya mempermudah mahasiswa dalam proses pembayaran kuliah atau tabungan lainnya tentunya menjadi solusi untuk mahasiswa.

11.”Motivasi Diri Dari Hidup Di Gerobak dan Seorang Hidup Menjadi Penjaga Mesjid”

Uraian kata diatas adalah Bpk.Hc. Darsono selalu membanggakan dan mengangkat derajat yang bukan siapa-siapa bisa melanjutkan kuliah sampai selesai kuliah S3 dan menjadi seorang Dosen, kisah ini di ambil dari Bpk Udin Wahidin dan Bpk Ajimat yang awalnya pedagang di gerobak dan sebagai penjaga di mesjid.

Inspirasi dan motivasi orang lain bahwa mengangkat derajat yang lemah lebih terhormat dan di angkat juga derajatnya oleh Allah-SWT…Amiin. Semoga ini menjadi langkah awal untuk semua lapisan masyarakat dan lingkungan sekitar bahwa Universitas Pamulang peduli untuk membangun kaum yang lemah dan berasal dari masyarakat yang tidak mampu.

12.”Orang Baik itu Bermanfaat Untuk Orang Lain”

Uraian kata diatas adalah bisa membantu dan mempermudah urusan orang lain dengan tulus dan ikhlas terutama terhadap lingkungan kampus, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Ini benar kehidupan yang sesungguh menolong tampa pamrih terutama keinginan kampus membantu masyarakat yang bisa kuliah dengan biaya yang murah dan terjangkau.

13.”Merubah Nasib Anak Bangsa dan Membantu Masyarakat Bisa Kuliah”

Uraian kata diatas adalah dengan adanya kampus Universitas Pamulang bisa membuat masyarakat bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan waktu fleksibel dan biaya bersahabat (Murah dan Terjangkau) namun tidak murahan dan tetap profesional terutama dalam kegiatan manajemen kampus.

Saat ini jumlah mahasiswa Universitas Pamulang Sekitar 76.000 Orang/Mahasiswa dari berbagai program studi seperti yang di uraikan di atas dalam tulisan Paragraf ke-2.

Dari uraian diatas penulis mengajak kepada semua masyarakat sekitar untuk merekomendasi kampus Universitas Pamulang Solusi Untuk melanjutkan pendidikan menjadi seorang sarjana baik Diploma 3 ,S1-Strata 1, dan S2-Strata 2.

Demikian semoga bermanfaat dan membawa inspirasi khusunya bagi pembaca dan untuk penulis juga, jika ada keliru mohon di maklumi.

Oleh : Noto Susanto, SE, MM, CSTMI, CPHCM, CNHRP, CHLP, CPS. (Dosen Universitas Pamulang)