Beranda Berita Photo Pengajuan Pembuatan Akta Kematian Mengalami Peningkatan

Pengajuan Pembuatan Akta Kematian Mengalami Peningkatan

BERBAGI

Kota Tangsel, beritatangsel.com – Pengajuan pembuatan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangerang Selatan sejak awal tahun 2018 mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kasie Perubahan Status Anak, Kewarganegaraan dan Kematian Disdukcapil Tangsel, Farah Diba.

Ia menjelaskan pihaknya dari target tahun 2018 melayani pembuatan sebanyak 900 akta kematian.

Hingga akhir Maret 2018 ini angka pembuatan akta kematian membeludak mencapai angka 1.422.

“Tahun ini kami target 900, tapi pelayanan di kantor saat ini sudah over target jauh di atas tahun lalu,” ujar Farah usai memberikan pelayanan pembuatan akte kematian keliling di Kantor Kecamatan Setu, Tangerang Selatan pada Kamis (5/4/2018).

Ia menyebut untuk pelayanan pembuatan akta kematian sendiri saat ini bisa mencapai angka 350 per bulannya. Atau hampir 4 kali lipat dibandingkan tahun 2017 lalu.

“Tahun lalu kami rata – rata per bulan mengeluarkan 100 akta, tapi sekarang bisa sampai 350 sebulan,” ucapnya.

Menumpuknya pengurusan akta kematian tersebut menurut Farah dikarenakan adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam kepengurusan akta kematian tersebut untuk berbagai macam keperluan administrasi.

“Selain karena ada program Prona (pembuatan sertifikat tanah nasional) , juga karena ada perubahan pembuatan Kartu Keluarga yang sebelumnya ditanda tangan Camat sekarang diganti Kadis, itu kan untuk menghapus datanya butuh Akta Kematian,” kata Farah.

Farah menerangkan masyarakat yang ingin mengurus pembuatan akta kematian bisa langsung datang membawa persyaratan yang dibutuhkan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskcapil) Tangsel di Jalan Raya Serpong, Kelurahan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan.

Sumber : wartakota.tribunnews.com

Editor : Adrian Pratama

Baca Juga :  Stop Narkoba, Ucap Iptu Edy Suprayitno,Sh.,Mh Kasat Narkoba Polres Tangsel Di Acara Millennial Dan Humanitarian Volunteers