Beranda Berita Photo Kompetisi Sains Madrasah, Kembali Di Gelar Di KKM MTS Negeri 3 Kota Tangerang

Kompetisi Sains Madrasah, Kembali Di Gelar Di KKM MTS Negeri 3 Kota Tangerang

BERBAGI

Kota Tangerang,Beritatangsel.com – Seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  2018 atau yang lebih dikenal dengan Olympiade Sains  kembali digelar untuk tingkat  KKM (Kelompok Kerja Madrasah) di lingkungan KKM MTs Negeri 3 Kota Tangerang.

Pelaksanaan ini bertujuan untuk menyeleksi calon-calon ilmuan yang akan diikut sertakan dalam KSM tingkat Kota nantinya.  Acara yang yang bertajuk “Jalin Silaturrahmi, Tingkatkan Prestasi” akan menyaring 9 peserta dari dari 90 peserta  utusan  9 Madrasah. Kamis (29/03)

Peserta akan bertarung selama 2 jam untuk menyelesaikan soal sebanyak 60 soal. Cabang yang dipertandingkan adalah Matematika terintegrasi Agama, IPA terintegrasi Agama, dan IPS terintegrasi Agama.

Pembukaan digelar di Lapangan MTs. Negeri 3 Kota Tangerang dan dibuka langsung oleh Kepala Kemenag Kota Tangerang yang diwakili oleh Kasubag TU yaitu Bapak Drs. H. Nurhasan, M.Si.

Dalam sambutannya, Kasubag Tu mengatakan  bahwa pelaksanaan ini mempunyai tujuan utama yaitu menggali bibit-bibit potensial untuk membangun Kota Tangerang secara khusus dan Indonesia secara Umum.

Dari kegiatan seperti inilah sebenarnya calon-calon ilmuan dan pemimpin Bangsa akan lahir. “Tidak menutup kemungkinan dari KSM ini akan lahir Siswa berprestasi yang akan mengisi pembangunan bangsa ke depan.” Imbuhnya.

Sebagai lembaga Pembina madrasah, Kemenag berkewajiban memfasilitasi kegiatan olympiade sains di semua tingkat yang ada di lingkungan kementerian.

Pola pembinaan harus dimulai dari tingkat terbawah. Implementasinya adalah diadakan kompetisi untuk mengukur dan meyeleksi kemampuan siswa berprestasi.

Lebih lanjut Kasubag TU menegaskan bahwa peranan madrasah sebagai salah satu sentral pendidikan sangat penting karena madrasah  bagian dari system pendidikan di Indonesia. Madrasah akan menjadi pusat pendidikan yang sejajar bukan di bawah dari sekolah binaan Depdiknas jika terus menggali potensinya dan memperbaiki pola pembinaan terhadap siswanya, ujarnya

Baca Juga :  Danramil 07 Pondok Aren Mayor Arm Sidik. 'Ngeriung Bareng' Bersama RT/RW di Pondok Jaya

Dalam sesi sambutan Lain, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Tangerang,  Drs. H. Khoirul Anwar, M. Pd. Bahwa dari tingkat madrasah lah pembinaan sumber daya manusia dimulai. Madrasah dengan motto “Madrasah lebih baik, Lebih baik Madrasah” akan terus berupaya memberikan hal terbaik kepada masyarakat Indonesia secara umum, Madrasah harus mampu berinvestasi untuk membangun manusia Indonesia yang berbasis IMTAQ dan IPTEK.

Dalam pantauannya, terlihat semua peserta KSM antusias mengikuti kompetisi. Tim official (pendamping) pun terus menyemangati anak asuhnya dengan memberikan briefing kecil sebelum pelaksanaan dimulai. Kegiatan akan berkahir 2 jam kedepan dan langsung diumumkan pemenangnya oleh panitia. Peserta yang terpilih akan diikut sertakan dalam KSM tingkat Kota.

selanjutnya tingkat provinsi di banten , dan tingkat nasional di Jakarta . Peserta akan membawa Piala,sertifikat sebagai tanda. Selamat bertanding. Jaga sportivitas. (Ipin/Din)