Beranda Berita Photo Sungai Cisadane Sudah Tercemar Limbah

Sungai Cisadane Sudah Tercemar Limbah

BERBAGI
Sungai Cisadane sudah tercemar limbah

Serpong, Beritatangsel.com – Sungai Cisadane sudah tercemar limbah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Tangerang Selatan.

Data ini terungkap lewat riset yang dilakukan oleh kelompok peduli lingkungan, Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH).

“Dari hasil investigasi di lapangan, kami menemukan fakta bahwa sumber sampah yang selama ini mengambang dan mencemari arus sungai Cisadane itu berasal dari TPA Cipeucang,” terang Uyus Setia Bakti selaku Direktur YAPELH.

TPA Cipeucang terletak di Jalan Kavling Nambo, Serpong, Tangsel. Daya tampung sampahnya kini ditaksir mencapai 880 ton per hari. Meski begitu, sarana dan fasilitas pengolahan di dalamnya masih jauh dari kata ramah lingkungan.

“Pengelolaan air Lindi TPA Cipeucang juga tidak maksimal. Banyak ditemukan air lindi dari TPA itu langsung mengalir ke Sungai Cisadane, tanpa melalui proses Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),” imbuhnya.

Diketahui, cairan Lindi merupakan zat yang merembes ke bagian bawah dari tumpukan sampah akibat proses pelarutan materi dan proses pembusukan oleh aktivitas mikroba setelah adanya air eksternal, termasuk dari air hujan.

TPA Cipeucang berada hanya berjarak 20-30 meter dari garis sempadan sungai tanpa adanya pembatas. Kondisi demikian, menjadi pemicu utama timbunan sampah tergerus aliran air dan membawanya mengotori Sungai Cisadane manakala hujan turun mengguyur.(nur)

Baca Juga :  Mogok, Truk Trailer Proyek Apartemen Ayoma Serpong Bikin Macet.