Beranda Berita Photo Ingin Liburan Tidak Banyak Menguras Dompet Dan Menyenangkan? Yuk Ikuti 10 Tips...

Ingin Liburan Tidak Banyak Menguras Dompet Dan Menyenangkan? Yuk Ikuti 10 Tips ini!

BERBAGI

 

Pondok Aren,Beritatangsel.com-Banyak orang yang ingin mendapatkan liburan dengan mengeluarkan biaya minim dan sangat murah, mungkin juga termasuk Anda. Masalahnya, terkadang Anda bingung untuk menyiasati cara liburan dengan biaya yang sangat murah. Nah, untuk membantu Anda, berikut kami berikan 15 cara liburan murah agar dompet Anda tidak jeboll akibat kegiatan tersebut:

1. Pergi Liburan di Hari Biasa Saja

Anda pasti tahu kalau liburan di waktu libur terkadang akan sangat menyebalkan, karena jalanan bisa sangat macet karena semua orang akan berbondong-bondong pergi berlibur mengunjungi tempat wisata yang sama. Tidak cuma itu, harga tiket tempat rekreasi pun akan melonjak daripada hari biasanya. Jadi kami sarankan Anda, jika ingin berlibur cobalah lakukan pada hari biasa. Memang, terkadang kita harus izin dari tempat kerja untuk melaksanakannya. Tapi sisi positifnya adalah, Anda bisa liburan dengan suasana yang lebih tenang dan bisa menghemat budgeti.

2. Menginap di Rumah Teman atau Saudara, Jangan Di Hotel

Mungkin Anda sudah tahu, kalau menginap di Hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu hal ini akan membuat pengeluaran liburan akan semakin meningkat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menginap di rumah saudara, teman, atau rumah penduduk yang terkadang disewakan untuk liburan. Cara untuk mencari rumah guna diinapi selama liburan juga sudah semakin mudah, salah satunya lewat media online dengan memanfaatkan situs airbnb atau homeexchange. Cukup hanya dengan mendaftar saja disitus itu, nanti Anda akan bisa bisa menginap di sana dengan membayar sejumlah biaya. Hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi murah meriah.

3. Berlibur Secara Rombongan
Jika Anda ingin berlibur dengan biaya yang murah, maka liburlah secara rombongan. Ajak teman, saudara, keluarga, atau kenalan dari grup tertentu. Sebab, terkadang ada layanan liburan yang bisa dinikmati secara lebih murah bila ada banyak orang yang mengikutinya secara bersamaan. Karena pihak penyelenggara liburan akan menyediakan paket liburan yang lebih murah disesuaikan dengan banyaknya peserta. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok bila Anda ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat. Tetapi manfaatnya dari cara ini adalah Anda bisa menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain dan tentunya biaya liburan jadi semakin terpangkas.

Baca Juga :  Gelar Ajang Konsolidasi, GPMN Jawa Barat Nyatakan Komitmen Bersama

4. Gunakan Strategi Untuk Memesanan Tiket Pesawat

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya, tahukah Anda kalau harga tiket pesawat terkadang lebih murah jika memesan di hari Selasa? Tidak banyak orang yang mengetahui ini bukan. Cara lainnya adalah, jika Anda pergi berlibur secara rombongan, usahakan pesan tiket sendiri-sendiri secara terpisah, jangan dikolektifkan. Karena dengan begitu kemungkinan mendapatkan harga promo akan lebih besar. Selain itu, pesan tiket dari jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan, karena harganya akan jauh lebh murah dibanding memesan tiket beberapa hari sebelum berangkat.

Jika Anda sering menggunakan situs online untuk keperluan berlibur, jangan ragu untuk membandingkan satu situs dengan yang lainnya. Sebagai contoh, untuk pemesanan tiket pesawat, ada banyak situs online yang bisa dimanfaatkan, seperti Traveloka, Tiket, atau PegiPegi. Cari informasinya sedetail mungkin dengan cara membandingkannya, karena setiap situs mengambil margin harga yang berbeda-beda dari harga tiket asli. Kalau sudah menemukannya, jangan ragu untuk memesan.

5. Bertanya Kepada Teman yang Berpengalaman

Sebelum Anda menentukan tempat mana yang mau dikunjungi untuk berlibur, sebaiknya Anda cari tahu informasi tentang tempat wisata itu lebih dulu. Selain lewat situs online, cari tahu informasinya dengan cara menanyakan langsung kepada teman, atau bisa juga bertanya kepada komunitas lainnya yang sudah berpengalaman mengunjungi tempat wisata

6. Kunjungi Tempat Wisata yang Baru Launching

Wahana atau tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi Anda. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menyediakan promo yang super murah. Berbeda hal-nya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung atau sudah memberikan harga normal.

Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah PEMSEA, Pemkab Tangerang Percantik Kawasan Urban Aquaculture Ketapang

Ini adalah salah satu cara untuk Anda jika ingin menikmati liburan murah. Jangan bernegatif sangka, masih banyak juga kok paket wisata yang menawarkan libiran murah tapi tetap menyenangan. Sebagai contoh, sekarang sudah banyak perusahaan travel yang menawarkan paket wisata ke kepulauan seribu dengan harga di bawah Rp1 juta. Di mana Anda tidak repot untuk mencari tiket transportasi, biaya makan, dan biaya menginap, karena semuanya sudah termasuk dalam paket. Tentunya itu akan sangat membantu Anda jika ingin liburan tapi tidak punya banyak uang untuk melakukannya. Untuk mendapatkannya, Anda cuma perlu membandingkan paket wisata mana yang lebih murah dengan fasilitas yang lengkap.

8. Mengakali Transportasi

Untuk membuat liburan semakin murah, jangan hanya terpaku untuk menggunakan transportasi pesawat saja. Terkadang, untuk destinasi tertentu, liburan menggunakan pesawat justru akan membuat biaya menjadi terlalu besar. Sebagai contoh, bila Anda ingin liburan dari Jakarta ke Yogyakarta, menggunakan pesawat sebenarnya bukanlah pilihan terbaik. Karena ongkosnya yang besar, minimal Rp500 ribuan untuk sekali jalan (belum pulang pergi). Solusinya, Anda bisa menggunakan transportasi darat seperti bus dengan harga tiket Rp200 ribuan untuk kelas eksekutif. Kalau tidak mau, Anda bisa menggunakan kereta api. Istimewanya, terkadang ada tiket kereta api yang harganya di bawah Rp100 ribu untuk kelas ekonomi tapi tetap bisa menikmati perjalanan di gerbong yang ber-AC. Kalau ingin menikmati kelas eksekutif, harga tiketnya sekitar Rp350 ribuan untuk sekali jalan. Walau lebih mahal dan waktu tempuh yang lebih lama, tapi perjalanan akan semakin menyenangkan karena bisa meikmati pemandangan lebih jelas dan biayanya tetap jauh lebih murah dari tiket pesawat bukan?

Baca Juga :  Diduga Vaksin Difteri Akibatkan Siswi SDN 01 Rawa Buntu Meninggal Dunia

9. Makan di Tempat Jajanan Murah

Ketika berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang mesti diperhatikan adalah biaya makan. Karena bila kita makan di rumah makan di tempat tersebut, harganya selalu lebih mahal dari di luar. Maka, untuk menyiasatinya, Anda bisa makan di daerah sekitar tepat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan di pinggir jalan yang lebih murah. Hindari juga untuk makan di restoran mewah. Selain itu, jangan ragu juga untuk mempelajari kekayaan kuliner di tempat wisata tujuan Anda. Sebab itu akan memperkaya wawasan Anda ketika berada di sana.

10. Gunakan Kartu Kredit untuk Mendapat Potongan Harga

Bila ingin liburan ke luar negeri, penggunaan kartu kredit pada momen ini akan sangat bermanfaat. Karena biasanya bank akan memberikan sejumlah promo agar para pemegang kartu mau menggunakan alat ini ketika bertransaksi. Contoh, terkadang ada kartu kredit yang memberikan promo tiket murah dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Selain itu, kita pun akan mendapat reward point yang bila sudah terkumpul dengan jumlah tertentu bisa ditukar dengan promo atau hadiah tertentu. Selai itu, kita juga bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi lebih murah di luar negeri. Contoh, kartu kredit BCA memberikan promo cicilan 0% dengan belanja di merchant tertentu di Singapura. Selain itu, Kartu kredit UOB akan memberikan rate yang jauh lebih murah bila kita bertransaksi di Singapura.

Itulah 10 tips cara liburan murah dan juga menyenangkan.semoga bermanfaat(*)