Beranda Berita Photo Berikut Adalah Cara-Cara Untuk Menghindari Penyakit Osteoporosis Sejak Dini

Berikut Adalah Cara-Cara Untuk Menghindari Penyakit Osteoporosis Sejak Dini

BERBAGI
ilustrasi

Pondok Aren, Beritatangsel.com– Kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis ini tergolong masih rendah. Angka kematian yang disebabkan oleh osteoporosis termasuk tinggi, hal itu disebabkan oleh kecacatan tulang hingga patah tulang yang bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Penurunan kualitas hidup itulah yang menyebabkan seseorang bisa mengalami kematian. Memang, osteoporosis ini banyak yang menyerang wanita. Bahkan hampir 80 persen penderitanya adalah wanita, namun pria pun tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakit ini. Langkah pencegahan osteoporosis sejak dini sangat diperlukan sebelum pengereposan tulang terjadi.

Apa Itu Osteoporosis ?

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang sehingga menimbulkan pengapuran dan pengeroposan tulang. Tulang adalah bagian terpenting dari tubuh manusia. Tanpa tulang manusia hanya seperti seonggok daging yang tak bisa kemana-mana dan tidak bisa apa-apa. Oleh sebab itulah tulang ada. Berikut ini berbagai cara pencegahan osteoporosis yang bisa anda lakukan :

1. Banyak Mengkonsumsi Kalsium

Salah satu cara yang bisa mencegah terjadinya osteoporosis adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dalam sehari, wanita sebaiknya mengkonsumsi susu untuk tulang atau susu tinggi kalsium. Susu biasa tidak akan bisa menjaga kepadatan tulang, terutama wanita dengan usia paruh baya ( 40 tahun ke atas ).

Tidak hanya wanita saja, pria pun diwajibkan untuk mengkonsumsi susu tinggi kalsium terutama pria yang memiliki pekerjaan angkat beban berat seperti kuli panggul, kuli bangunan dan masih banyak lagi lainnya. Asupan buah yang mengandung kalsium juga bisa dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

 2. Olahraga

Penderita osteoporosis yang telah mengalami pengeroposan tulang dan pengapuran tulang sangat dilarang untuk melakukan olahraga yang berat. Hal itu bisa menyebabkan kondisi tulang akan semakin buruk. Anggapan penderita osteoporosis banyak yang salah dikarenakan mereka mengira olahraga yang baik untuk penderita osteoporosis adalah olahraga angkat beban berat sehingga tulang akan terlatih dengan kinerja yang berat. Bisa kita bayangkan, bagaimana payahnya tulang yang sudah keropos harus disuruh olahraga yang berat, bisa-bisa mengalami patah tulang mendadak.

Baca Juga :  Airin Resmikan Pusat Oleh-Oleh Pasar Gintung

Olahraga yang disarankan bagi penderita osteoporosis adalah jalan sehat dan jogging. Kedua olahraga tersebut baik bagi penderita osteoporosis dan cara untuk mencegah osteoporosis. Dengan melakukan olahraga tersebut secara rutin, tulang akan menjadi padat dan kuat sehingga terhindar dari bungkuk

3. Pola Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dengan menjauhi rokok dan menjauhi konsumsi alkohol.

4Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung banyak lemak patut dihindari agar osteoporosis bisa dicegah. Alasannya adalah lemak bisa membuat penyerapan kalsium menjadi terhambat dikarenakan lemak sifatnya akan mengikat kalsium. Sehingga seberapa banyak kalsium dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh, namun jika mengkonsumsi makanan berlemak juga tidak berguna.

5. Sinar Matahari

Sinar matahari di pagi hari sampai dengan pukul delapan pagi banyak mengandung vitamin D. Oleh sebab itulah, wanita diharapkan untuk bisa menyerap vitamin D yang diberikan oleh sinar matahri tersebut. Caranya adalah setiap pagi sampai dengan jam 8 melakukan olahraga jogging atau hanya sekedar jalan santai menikmati udara dan sinar di pagi hari.

Nah itu adalah beberapa cara menghindari penyakit osteoporosis, jadi selamat mencoba. (*)