Beranda Berita Photo Masih Males Buat Belajar? Yuk Simak Artikel Ini!

Masih Males Buat Belajar? Yuk Simak Artikel Ini!

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com- Apa manfaat belajar ? Untuk apa kalian belajar ? Untuk mendapat nilai ? Untuk mendapat ilmu ? Ketahuilah belajar untuk mendapat ilmu itu lebih baik dari pada hanya untuk menambah nilai . Namun, tidak saya pungkiri, nilai juga penting adanya, untuk mendaftar sekolah selanjutnya maupun untuk mendaftar pekerjaan .

Jika kita belajar untuk mendapatkan ilmu, pelajaran tersebut tidak akan mudah kita lupakan. Belajar untuk memahami, bukan menghafal. Akan tetapi menghafal juga di perlukan, menghafal untuk hal-hal tertentu saja yang perlu untuk di hafal. Nah kali ini berikut tips cara bersemangat untuk bekajar yuk simak artikelnya.

Buatlah satu tujuan pasti dengan niat yang kuat

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah membuat tujuan yang pasti dengan niat yang kuat. Misal, anda ingin sekali masuk ke sekolah lanjutan atau perguruan tinggi favorit. Niatlah dari dalam hati dan tuliskan tujuan anda ke secarik kertas. Pajanglah di dinding kamar dimana anda bisa melihatnya setiap hari.

Atur jadwal belajar kamu

Selanjutnya, atur jadwal belajar anda sehingga tidak mengganggu aktivitas yang lain, misalnya sekolah atau les. Aturlah waktu belajar dimana anda benar-benar luang pada saat itu, dan yang terbaik yang bisa anda Lakukan adalah belajar. Jangan pernah menjadwalkan jam belajar pada malam hari setelah beraktivitas, sebab hal tersebut malah akan membuat anda nggak fokus ketika belajar.

Buatlah sistem reward dan hukuman

Dengan sistem reward dan hukuman, anda akan punya konsekuensi dalam belajar.Misalnya gini, anda boleh main game selama 2 jam setelah anda belajar selama 1 jam. Kalo misalnya anda melebihi waktu bermain yang udah ditetapkan, anda akan menghukum diri kamu sendiri dengan memangkas waktu bermain anda di kemudian hari.

Baca Juga :  Diduga Sinar Mas Kuasai HGU Lahan Seluas 5 Juta Hektar

Tempelkan kalimat-kalimat motivasi di dinding kamar kamu

Selain menempelkan kertas tujuan belajar, anda juga perlu menempelkan kalimat-kalimat motivasi yang bisa memberikan semangat dan menambah gairah belajar anda.

Berteman dengan teman lain yang rajin belajar

Ketika anda bergaul dengan teman yang rajin belajar, otomatis anda juga akan ikutan rajin belajar. Maka dari itu, bertemanlah dengan teman-teman yang rajin belajar biar anda ketularan rajin belajar.

Jangan cepat puas

Meskipun anda sudah mendapatkan nilai yang bagus ketika ujian atau dalam tugas sehari-hari, janganlah cepat puas dengan hasil tersebut. Pasalnya, anda masih belum mencapai tujuan kamu yang sebenarnya.

Hargailah waktu

Yang paling penting adalah bagaimana anda menghargai setiap waktu yang telah diberikan Tuhan kepada anda Apakah anda akan menghabiskan waktu anda hanya untuk bersenang-senang atau melakukan hal yang berguna, itu keputusan anda. Ingat, apa yang kamu tanam hari ini akan anda tuai di masa mendatang.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan semangat dalam belajar sungguh-sungguh. Dengan melakukan semua langkah di atas, semoga dapat membuat diri anda sendiri bersemangat dalam belajar dan menjadi lebih baik setiap harinya.(*)