Beranda Berita Photo Cegah Risiko Kesehatan Dengan Ketahui Golongan Darah

Cegah Risiko Kesehatan Dengan Ketahui Golongan Darah

BERBAGI

Pondok Aren,Beritatangsel.com- Golongan darah tidak hanya sebagai pelengkat di KTP anda.tetapi ternyata juga mampu mencegah risiko kesehatan,dalam keadaan darurat dan sebagainya. Jika anda belum mengetahuinya, Segeralah ke puskesmas untuk memeriksakannya. Nah berikut adalah manfaat dari mengetahui golongan darah.

1.Untuk transfusi darah

Sangat penting untuk mengetahui golongan darah saat anda membutuhkan transfusi  darah,seperti saat kecelakaan atau penyakit. Seperti golongan darah O positif yang pasokannya cukup langka.

2.Menghindari penyakit tertentu

Selain hemolysis,ada kelainan genetik lain yang juga mengancam ibu dan bayi yang dikandung. Terutama jika ibu berdarah rhesus negative (Rh-), sedangkan suami berdarah rhesus positif (Rh+). Masalah ini biasanya terjadi pada perkawinan antar bangsa.Mengetahui golongan darah akan mengurangi risiko berbagai penyakit.

3.Membantu memantau diet

Jika anda tahu gologan darah,maka akan mempermudah diet anda.beberapa orang perlu membatasi asupan karbohidrat karena kurang cocok dengan golongan darah.

4.Risiko gumpalan darah

Penelitian Denmark menjelaskan bagaimana golongan darah berinteraksi dengan genetik untuk risiko trombosit Vena (DVT) yang menyebabkan pembekukan darah di kaki bagian bawah.pembekuan darah ini dapat mengalir ke paru-paru dan mengancam nyawa.Data analisa dari 66.000 orang selama tiga tahun menemukan bahwa Ternyata orang tipe A,B, dan AB memiliki 40 persen risiko lebih tinggi mengalami DVT dibandingkan golongan darah O.

5.Mengetahui risiko penyakit jantung

Ilmuan dari Harvard menganalisis lebih dari 77.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang berdarah AB memiliki risiko tertinggi (32 persen) terkena penyakit jantung disbanding golongan darah lainnya.

Orang dengan tipe darah B dan A memiliki risiko 11 persen dan 5 persen lebih besar.hingga kini belum diketahui secara pasti mengapa golongan darah A berkaitan dengan peningkatan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan golongan darah O justru sebaliknya,sedangkan golongan darah AB berisiko inflamasi.

Baca Juga :  Risau Kopi, Tempat Ngopi Asyik Di Tangerang Selatan

6.Mencegah kanker perut

Studi di tahun 2010 dari karolinska Institute Swedia menyebutkan bahwa orang dengan golongan darah A memiliki risiko 20 persen lebih besar terkena kanker lambung dibandingkan orang berdarah O dan B.

Sementara itu,mereka yang bergolongan darah O memiliki peningkatan risiko sakit maag,dan lebih rentan terhadap bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan luka lambung(*)

itulah manfaat kita mengetahui golongan darah,disarankan jika anda belum mengetahui golongan darah anda segeralah periksakan ke puskesmas.

(vitria)