Beranda Berita Photo Dibalik Kegunaan Serai Sebagai Bumbu, Serai Juga Berkhasiat Sebagai Obat Tradisional. Yukk...

Dibalik Kegunaan Serai Sebagai Bumbu, Serai Juga Berkhasiat Sebagai Obat Tradisional. Yukk Baca Khasiatnya!

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com- Disaat kita sedang menderita sakit seperti Batuk, Sakit Gigi, Terkilir/Keseleo, Maag dan Nyeri. Seringkali kita menkonsumsi obat-obatan yang dijual di Apotik maupun Rumah Sakit yang harganya cukup mahal. Namun, sekarang anda tidak perlu khawatir, dengan menggunakan Obat-obatan Tradisional seperti Serai kita sudah dapat meredakan penyakit tersebut.

Serai memiliki bau yang harum dan memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, karena keharumannya Serai sering dijadikan untuk membuat Lotion, Sabun atau Minyak. Bukan hanya keharumannya saja yang dimanfaatkan, Serai juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit.

Anda dapat membuat Serai menjadi Obat tradisional yang dapat meredakan bahkan menyembuhkan, dengan resep sebagai berikut.

Sebagai Obat Batuk.

Jika Batuk anda tak kunjung sembuh, anda dapat merebus daun Serai kering sebanyak 50 gram dan 2 gelas air, rebus sampai air berkurang dan menjadi setengah gelas. Lalu, minum untuk meredakan batuk. Jika,resep pertama tidak ampuh untuk menyembuhkan batuk anda, gunakan akar Serai sebanyak 5 gram, cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Lalu, bagi dua air hasil rebusan Serai untuk diminum pagi dan sore hari.

Sebagai Obat Sakit Gigi.

Daun Serai segar sebanyak 40 gram direbus dengan 2 gelas air sampai air berkurang menjadi setengah gelas. Lalu, gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi Sakit Gigi anda.

Sebagai Obat Keseleo atau Terkilir.

Saat anda Keseleo atau Terkilir jangan langsung dipijat, tapi coba dulu Obat Tradisional ini. Siapkan 2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air lalu ditumbuk, panaskan diatas kompor yang menyala, setelah cukup panas tempatkan pada bagian tubuh anda yang terkilir.

Sebagai Obat Maag.

Baca Juga :  Buka Diklat Teknis Analis Jabatan dan Analis Beban Kerja, Benyamin Davnie : Menuju ASN Semakin Profesional

Ambil Serai yang masih segar sebanyak 40 gram, rebus dengan 2 gelas air dan biarkan sampai tersisa setengah gelas. Lalu, minum sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

Sebagai Obat Penghilang Nyeri.

Untuk menghilangkan nyeri anda dapat mengoleskan minyak serai pada tubuh yang tersa nyeri, minyak serai yang dibalurkan akan terasa hangat pada tubuh, serta kandungan analgesik yang berguna meredakan rasa nyeri.

Minyak Serai, tidak dapat dioleskan ke kulit yang sensitif dan wanita yang sedang hamil karena akan mengakibatkan iritasi pada kulit dan denyut jantung yang berlebihan.