Beranda Berita Photo Mau Tau Jenis Makanan Apa Saja yang Sulit Dicerna Tubuh? Yuk Baca...

Mau Tau Jenis Makanan Apa Saja yang Sulit Dicerna Tubuh? Yuk Baca Disini

BERBAGI
illustrasi

Pondok Aren, beritatangsel.com – Anda pernah mengalami sesak di perut, mulas,kembung,diare atau sering buang gas disaat makan atau beberapa jam setelah makan? Lalu tahukah anda kenapa kondisi tersebut bisa terjadi?

Dikutip dari femina, gejala tersebut bisa jadi merupakan pertanda bahwa anda menkonsumsi makanan yang sulit dicerna. Nah, ingin tahu apa saja jenis makanan tersebut?

  1. Makanan Pedas

Apakah anda penggemar makan pedas? Hati-hati! Apalagi jika usus dan lambung anda sensitifdengan Senyawa capsaicin yang banyak terdapat pada paprika, cabai, dan jalapeno (cabai khas Meksiko) tidak dapat dipecah oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan iritasi pada usus halus, yang akan mengganggu gerakan peristaltik, sehingga makanan terdorong ke usus besar. Akibatnya, timbul rasa mulas yang bisa berujung pada diare. 

  1. Kubis- kubisan

Kol,brokoli memang makanan yang sehat juga kaya akan serat dan nutrisi namun sayangnya,Kubis menjadi makanan yang sedap bagi mikroflora, yaitu bakteri dalam usus, menghasilkan penumpukan gas yang mengandung belerang dalam usus besar kita. Akibatnya, perut terasa sesak akibat penumpukan gas dalam usus. Rebuslah kubis sebentar untuk mengurangi senyawa pemicu gas tersebut.

  1. Nangka,Sirsak,& Cempedak

Mengonsumsi ketiga buah ini dalam jumlah sangat banyak dapat membuat rasa kembung seharian. Pastikan buah tersebut tidak mengkal saat dikonsumsi. Buah yang matang akan melunakkan unsur serat si pembuat perut begah.  

  1. Kacang-kacangan

Aneka jenis kacang memang bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung,kolesterol,diabetes,kanker hingga dapat menurunkan berat badan namun, Kacang ternyata dapat menyebabkan timbulnya stres pada lambung, karena kadar lemak dalam kacang mencapai 60 persen. Terlebih jika digoreng sebelum dimakan. Untuk menghindari kembung dan gas pada perut, Olahlah menjadi sup kacang merah atau kacang rebus. Masakla dalam waktu agak lama, sehingga lebih mudah dicerna oleh lambung.

  1. Es krim
Baca Juga :  Hati-hati Dengan Kandungan Minuman Bersoda

Siapa sih yang tidak suka camilan yang satu ini? Tapi hati-hati! Camilan yang kaya susu ini dapat menyebabkan masalah perut, seperti sesak dan kembung, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Lemak akan melekat di perut lebih lama dari makanan lain, sebelum akhirnya dapat dicerna. Terlebih jika kita intoleran terhadap laktosa. Kekurangan enzim laktase yang diperlukan untuk membantu memecah gula susu ini akan menyebabkan tubuh terserang diare dan terlalu sering buang gas.

Kelima jenis makanan diatas sebaiknya dikonsumsi dengan porsi sewajarnya atau tidak terlalu berlebihan.

(vitria) (sumber: kabar6.com)