Beranda Berita Photo Tradisi Ramadhan Warga Babakan Keramas Bareng di Cisadane

Tradisi Ramadhan Warga Babakan Keramas Bareng di Cisadane

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Kembali menjelang Ramadhan, ratusan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, menggelar ritual keramas bareng di Sungai Ciasadane yang membelah kampungnya.

Keramas bareng dipandu H. Abu Sofyan, Ketua DKM Musahollah Al-Ijtihad sekaligus Lurah Babakan berlangsung meriah yang digelar Minggu (5/6/2016) selepas Ashar sampai lukul 17.00 wib. Warga anak-anak, remaja, sampai orangtua, pria-wanita turun ke sungai pada undakan tangga menjorok ke Cisadane.

“Asyik, keramas rambut sambut Ramadhan…” teriak satu remaja putra sambil tangannya mengkramas rambutnya. Teriak itu tentu saja menambah kemeriahan acara yang juga diwarnai tetabuhan bedug di lokasi acara.

Sementara ratusan warga lainnya yang datang dari berbagai penjuru kota asyik pula menyaksikan ritual yang disebut-sebut telah ada sejak puluhan tahun lalu, sehingga telah menjadi tradisi warga Babakan.

Abdu Sofyan menjelaskan kegiatan ini selain sebagai pelaksanaan tradisi warga Babakan dalam menyambut Ramadhan, juga terkandung maksud mengajak warga Kota Tangerang untuk mau menjaga keberadaan Cisadane yang telah memberi banyak manfaat bagi kehidupan warga kota ini.

Semisal untuk air bahan-baku perusahaan air bersih PDAM Kota Tangerang dan PDAM Kabupaten Tangerang, serta banyak industri dan lokasi bersantai warga Kota Tangerang dengan keberadaan taman tepi sungai.

“Sebab itu, saya sekalian menyerukan agar jangan lagi membuang sampah ke Sungai Cisadane,” katanya.

Diakui Sofyan, warga pun Sabtu malam telah menggelar Pawai Taaruf menyambut Ramadhan dengan peserta pawai sebanyak 300-an warga berkeliling kampung memberitahukan akan datangnya Ramadhan. (Bumi)

Baca Juga :  Tangsel Sejiwa Fest Vol. 2 Resmi Dibuka Wali Kota Tangsel