Beranda Nasional 50 Mahasiswa Ikuti Pelatihan Kebencanaan

50 Mahasiswa Ikuti Pelatihan Kebencanaan

BERBAGI

BeritaTangsel.com — Guna meningkatkan pencegahan dan kesiapsiagaan kemampuan dalam menghadapi resiko bencana. Perkumpulan Democare dan Kemenpora RI, menggelar Pelatihan Relawan Pemuda Tanggap Bencana.

Untuk peserta pelatihan kurang lebih 50 orang Resimen Mahasiswa perwakilan Universitas yang tersebar di Banten.

Acara dibuka Langsung oleh Kepala Bidang Penelusuran dan Pendampingan Pemuda Pelopor Kemenpora RI H. AGUS PRAYITNO, S.Kom., M.Si., pada Selasa 26 Desember 2023.

Dalam sambutannya sekaligus menjadi Keynote Speaker, Agus menegaskan pentingnya peran pemuda sebagai garda terdepan tanggap bencana untuk berkolaborasi bersama pemerintah daerah.

Hal ini kata dia, tidak terlepas dari posisi Indonesia, khususnya Banten yang rentan terhadap bencana alam sehingga sangat diperlukan pemuda relawan dalam kondisi kebencanaan jika terjadi.

“Jadi mereka dilatih untuk menjadi relawan bencana, dan juga diharapkan berkolaborasi dengan BPBD, Timsar daerah dan Stakeholder Lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, Sehingga mereka ikut serta, dalam membantu kegiatan kebencanaan, dan Kemenpora menggalakkan kegiatan ini di seluruh Indonesia, untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas program mitigasi kebencanaan bagi pemuda.

Agus menambahkan, pemerintah saat sedang menginisiasi program Collab Rangers antara Kemenpora dan Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) yang dilaunching, Kamis 14 Desember di Jakarta.

Dijelaskan Agus, Collab Rangers ini merupakan perpaduan unit taktis relawan kemenpora bersama forum kesiapsiagaan pemuda mengatasi bencana dan keadaan darurat.

Dengan diselenggarakannya kegitan pelatihan Relawan Pemuda Tanggap Bencana di Rangkasbitung ini diharapkan dapat membantu Program pemerintah untuk membentuk kader-kader relawan yang dapat hadir ditengah masyarakat yang terdampak bencana nantinya.

Sebagaimana informasi, Dimana pelatihan ini di gelar di 2 tempat yang berbeda. Untuk pembukaan dan materi-materi serta praktek di Universitas Setia Budhi Rangkasbitung kemudian acara dilanjut di Buper Cikujang. Acara ini melibatkan pemateri-pemateri dari PPBD, PMI, Resimen Mahasiswa Banten dan TNI AL.(*)

Baca Juga :  Cerdas Bersama Rumah Cerdas Indonesia