Beranda Berita Terkini Ekspedisi Inovatif, Prodi Teknik Mesin Ista Mengukir Solusi Berkelanjutan di Pulau Pramuka

Ekspedisi Inovatif, Prodi Teknik Mesin Ista Mengukir Solusi Berkelanjutan di Pulau Pramuka

BERBAGI

Prodi Teknik Mesin Ista menggelar kegiatan survey dan pemetaan penelitian serta pengabdian masyarakat di Pulau Pramuka pada tanggal 16 sampai dengan 17 Desember 2023 lalu.

Dalam upaya ini, sembilan mahasiswa Teknik Mesin didampingi oleh Kaprodi, Bapak Rahmat Wijaya M.T., dan Dosen Teknik Mesin, Bapak Agus Holid S.T., menjalankan misi tersebut dengan penuh semangat.

Antusiasme tak hanya berasal dari pihak akademis, namun juga mendapat sambutan hangat dari BapakRojali dan Bapak Muhammad Nursin, yang mewakili Dewan Kota Kepulauan Seribu serta tokoh masyarakat di Pulau Pramuka.

“Inisiatif Prodi Teknik Mesin ini sangat berarti bagi kami. Kami berharap kerjasama ini akan membawa kemajuan dalam pemanfaatan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat Pulau Pramuka,” ungkap Rojali.

Lebih lanjut, Muhammad Nursin menambahkan Pulau Pramuka memerlukan pembaruan dalam berbagai aspek, dan kolaborasi ini menjadi langkah awal yang sangat positif.

Kegiatan Prodi Teknik Mesin bertujuan utama untuk menyelidiki teknologi pengeringan rumput laut, pengolahan air laut menjadi air tawar, peningkatan keterampilan nelayan dalam perawatan dan perbaikan mesin kapal, serta pengolahan limbah sampah.

Rahmat Wijaya M.T., Kaprodi Teknik Mesin, menyampaikan,

“Hasil dari survey dan pemetaan ini akan menjadi dasar perencanaan kegiatan kami pada tahun 2024. Kami berkomitmen untuk melanjutkan proyek ini tahap demi tahap, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan dan menghasilkan alat yang bermanfaat bagi masyarakat Kepulauan Seribu,” ujarnya.

Mahasiswa Teknik Mesin berencana untuk menghibahkan hasil karyanya kepada masyarakat Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. “Kami ingin berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendukung sektor pariwisata di wilayah ini,” ungkap salah satu mahasiswa.

Kegiatan ini bukan hanya sekadar penelitian, melainkan sebuah komitmen nyata untuk memajukan pulau-pulau di Kepulauan Seribu melalui kolaborasi yang berkelanjutan. (Red)

Baca Juga :  Semarakkan HUT Tangsel ke-12, Walikota Tangsel Santuni Anak Yatim