Beranda Berita Terkini Pemkot Tangsel Akan Kembali Adakan Program D3, Sebagai Upaya Menekan Tingkat PHK

Pemkot Tangsel Akan Kembali Adakan Program D3, Sebagai Upaya Menekan Tingkat PHK

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Pemkot Tangsel akan kembali mengadakan program D3 (Dilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan), sebagai upaya menekan tingkat pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangsel, program D3 akan digelar lagi, tapi di tahun 2024.

“Guna mengurangi tingkat pengangguran dan pemutusan hubungan kerja, Pemkot Tangsel akan mengadakan program D3 pada tahun 2024,” ujar Benyamin di hadapan anggota DPRD Tangsel dalam Rapat Paripurna membahas Rancangan APBD 2024, Kamis, 19 Oktober 2023.

Benyamin mengungkapkan, program D3 ditargetkan akan melatih kurang lebih 1.500 orang untuk mengikuti program pelatihan tenaga kerja.

“Diharapkan dengan adanya program ini akan tersedia tenaga kerja yang terampil dan produktif serta bersertifikat keahlian, sehingga terbuka luas kesempatan bekerja pada sektor swasta,” kata Benyamin.

Pada kesempatan itu, Benyamin juga mengonfirmasi pemberitaan yang berkembang bahwa ada 4.500 pekerja di-PHK secara massal. Menurutnya, angka PHK tahun 2023, tidak sebesar itu.

“Data Disnaker Tangsel angka PHK hingga bulan September 2023 sebanyak 1.251 orang yang di dalamnya terdapat warga Kota Tangsel sebanyak 337 orang, namun sebagian besar sudah kembali bekerja,” jelasnya.

Benyamin menambahkan, jumlah PHK di tahun 2023 jauh lebih kecil dibandingkan tahun 2022, sebanyak 1.894 orang atau tingkat pengangguran terbuka di Kota Tangsel mengalami penurunan sebesar 2 persen.

“Sehubungan dengan persoalan akurasi data untuk program kemiskinan, subsidi pendidikan, dan pemberian akses modal kerja serta perbaikan rumah tidak layak huni dilaksanakan dengan menggunakan data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial,” tandasnya. (Red)

Baca Juga :  Hadiri Pembinaan RT dan RW se-Kelurahan Babakan, Wali Kota Tangsel : Harus Jadi Jembatan Bagi Masyarakat dan Pemerintah