Beranda Berita Terkini Jalin Kerjasama Kampus Luar Negeri, STIE Ganesha Jakarta Gelar Seminar Internasional Perkuat...

Jalin Kerjasama Kampus Luar Negeri, STIE Ganesha Jakarta Gelar Seminar Internasional Perkuat Komunitas Ekonomi Syariah

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com — Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha (STIE GANESHA) gelar seminar internasional dengan tema “The Role of Academicians to Strengthening the Asia Sharia Economic Communities” pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 di Aula STIE Ganesha Jakarta.

seminar ini dilakukan atas penguatan kerjasama antar kampus luar negeri dan dalam negeri. Salah satunya dengan Raja Mangala University of Technology Krungthep Thailand (KMUTT).

Dalam kegiatannya, dihadirkan Dean of International College Assoc Prof. ArusKongrungchok,Ph.D, Dr. Supon Rattampun, Vice Dean for Acaaademic Affairs, dan Assoc Prof. Dr. Tubagus Achmad Darojat, Internasional Relations RMUTK serta dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, para dosen dan akademisi STIE Ganesha, mahasiswa  dan praktisi ekonomi.

Fahri SH, MH, MM. selaku Ketua STIE Ganesha Jakarta, mengatakan bahwa seminar ini merupakan salah satu upaya STIE Ganesha Jakarta untuk meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri, khususnya dalam bidang ekonomi Islam.

Lebih lanjut Fahri mengatakan akan tujuan seminar ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi para akademisi dan praktisi ekonomi Islam untuk dapat berperan aktif dalam memperkuat komunitas ekonomi syariah di Asia.

“Seminar Internasional ini kami selenggarakan sebagai upaya membuka wawasan pengetahuan akan peran Akademisi dalam penguatan Masyarakat Ekonomi Syariah Asia” ujarnya, dalam pembukaan seminar.

Kepala LPPM STIE Ganesha, Dr. Adhy Firdaus, SE, MM selaku motor penggerak acara ini penguatan kerjasama internasional perlu dilakukan untuk mendorng peran perguruan tinggi menuju global. Kita dorong mitra perguruan tinggi juga untuk kolaborasi dengan mitra kampus internasional.

Selain seminar dan kerjasama internasional, workhsop tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang akan disampaikan oleh Dian Rusdiana, S.Pd., M.Pd dari LLDikti wilayah 3 Jakarta.

Baca Juga :  STIE GANESHA Jakarta Gelar Wisuda Bersama Petinggi PTS Se-Indonesia

Mitra perguruan tinggi yang dijadwalkan hadir antara lain Universitas Islam Jakarta, Universitas MH Tamrin, STIE Unisadhuguna Jakarta, Universitas Islam Al Ihya Kuningan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, dan Akademi Kebidanan Graha Husada Cirebon.

Beberapa poin penting yang akan disampaikan dalam seminar:

Ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam, seperti keadilan, kesetaraan, dan persaudaraan.

• Ekonomi syariah memiliki potensi yang besar untuk dapat berperan dalam memperkuat komunitas ekonomi di Asia.

• Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mengembangkan ekonomi syariah melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

• Lembaga keuangan syariah juga memiliki peran penting dalam memperkuat ekonomi syariah melalui penyediaan layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam

(Red/Rilis)