Beranda Pendidikan 10 Pelajar SMA 28 Jakarta akan mengikuti Gelaran Festival dan Kompetisi Budaya...

10 Pelajar SMA 28 Jakarta akan mengikuti Gelaran Festival dan Kompetisi Budaya Folklore 2023 “di Nasebar Bulgaria

BERBAGI

JAKARTA,beritatangsel.com-SMA 28 Jakarta Menyajikan Pertunjukan Seni dan Tari Tradisional “KATO NAN BANA” untuk Memperkenalkan Budaya Indonesia pada Acara Internasional di Bulgaria

Jakarta, 19 Juni 2023 – SMA 28 Jakarta, bekerja sama dengan Sanggar Gantari Gita Khatulistiwa, siap mempersembahkan keragaman budaya Indonesia di panggung internasional. Acara tahunan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA 28 Jakarta dan berbagai negara ini akan diselenggarakan di Bulgaria tahun ini.

Puncak pertunjukan akan diisi oleh karya seni dan tari tradisional yang berjudul “KATO NAN BANA,” yang mengandung filosofi penghormatan yang tinggi kepada leluhur yang telah menyampaikan bahasa melalui pepatah dan petitih yang bermakna. Tim NAWASENA, yang mewakili SMA 28 Jakarta, bertujuan untuk memperkenalkan karya budaya ini kepada masyarakat internasional dan memberikan wawasan berharga bagi generasi muda untuk merefleksikan hidup mereka.

Didukung oleh sekolah dan para orang tua, acara yang dijadwalkan pada tanggal 30 Juni 2023 ini mendapatkan apresiasi dari Drs Umaryadi MM, Kepala Sekolah SMA 28 Jakarta, dalam acara Forelition 2023 yang diadakan pada tanggal 19 Juni 2023 di SMA 28 Jakarta. Tim Nawasena telah diberikan kesempatan untuk tampil dalam sesi perpisahan yang bertajuk “Pertunjukan Folklor ke Bulgaria.”

Salah satu orang tua yang bangga, yaitu Karo SDM Polda Metro Jaya, Kombes Pol Langgeng Purnomo, adalah walinya salah satu dari sepuluh siswa yang ikut serta dalam pertunjukan internasional tersebut.

Langgeng mengungkapkan harapannya, ia menekankan pentingnya dukungan dan perhatian untuk upaya positif ini. Ia menyatakan, “Selain mempromosikan keragaman budaya Indonesia di dunia, acara ini juga bertujuan untuk menanamkan rasa cinta yang mendalam terhadap tanah air kita bagi generasi muda saat ini. Hal ini sejalan dengan prinsip yang tercantum dalam bukunya yang berjudul ‘REKONSTRUKSI NASIONALISME’.”

Baca Juga :  Pelajar SMK Yang Tertusuk Pedang Saat Tawuran di Tangsel Meninggal Dunia

Dengan komitmen SMA 28 Jakarta terhadap pelestarian budaya dan keterlibatan internasional, acara ini akan menjadi perayaan yang luar biasa bagi warisan budaya Indonesia, yang akan memupuk persatuan dan penghargaan terhadap bangsa ini di kalangan masyarakat lokal maupun global.

Blue/  CN