Beranda Berita Terkini Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan Minta Masyarakat Jangan Bangun Rumah Dipinggir...

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan Minta Masyarakat Jangan Bangun Rumah Dipinggir Kali

BERBAGI

 

PONDOK AREN, Beritatangsel.com – Wakil walikota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan meminta warga tidak membangun rumah di bantaran sungai (Kali), minimal dalam radius sekitar dua meter dari sempadan, guna meminimalkan dampak banjir akibat luapan air sungai selama musim hujan.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Cisadane untuk menata kawasan bantaran sungai, untuk memastikan percepatan pengendalian banjir berjalan sesuai rencana,

Hal ini, dikatakan Pilar melihat bangunan yang cukup permanen dan diduga belum mengantongi ijin, persis di pinggir kali, saat meninjau kondisi terkini pembangunan turap di kali Baru, Kelurahan Perigi Baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurutnya, aturan yang sudah ada menegaskan bahwa tidak boleh ada bangunan yang didirikan di bantaran sungai. “Untuk rumah-rumah yang ada di bantaran sungai saya ingatkan untuk menggeser minimal dua meter dari sempadan, “kata Pilar, Senin (07/10/2022).

Pilar juga minta Camat dan Lurah setempat, agar rutin turun ke lapangan untuk meninjau, mengawasi, serta mengevaluasi terhadap pelaksanaan proyek ini. Karena proyek ini merupakan salah satu upaya pemerintah merespon keluhan masyarakat, terkait drainase mampet dan sebagainya.

“Karena ini upaya kita untuk mengurangi banjir. Camat, Lurah, RT, RW, harus ikut mengawasi agar upaya penyelesaiannya sesuai harapan kita bersama. Termasuk apabila ada warga yang membangun di pinggir kali jangan dibiarkan,” tegasnya.

Pilar meyakini dengan pembangunan prasarana pengendalian banjir ini, akan berdampak terhadap pengurangan titik genangan di wilayah RW 05 dan RW 06 juga dilingkungan Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gonthory Kelurahan Perigi Baru bisa teratasi.

“Selain perbaikan turap Kali Baru, juga sedang dilaksanakan normalisasi saluran air (drainase) sepanjang 800 meter. Tentunya, perlu dukungan dan do’a dari berbagai pihak termasuk dari masyarakat untuk kelancaran pembangunan.” ujarnya.

Baca Juga :  Pembantaian Sadis, Aming Masuk DPO

Turut hadir dalam peninjauan itu, Kepala Dinas Sumber Air, Bina Marga dan Bina kontruksi Robi Cahyadi, Camat Pondok Aren Hendra didampingi Danramil 07 Pondok Aren Kapten Jatman dan lurah Perigi Baru Ade Helmi Firmansyah. Dan disambut pimpinan Ponpes Al Amanah Al Gonthory KH Zainuddin dan tokoh masyarakat Suhanda Johan alias bang Kimpo. (Abah Ade).