Beranda Berita Photo Wali Kota Tangsel Ajak Masyarakat Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Wali Kota Tangsel Ajak Masyarakat Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional

BERBAGI

Tangerang Selatan, Beritatangsel.com — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang akan berlangsung pada Agustus mendatang. Untuk itu Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie meminta agar semua elemen masyarakat mensukseskan program tersebut.

Pelaksanaan BIAN ini ditandai oleh penandatangan komitmen BIAN yang berlangsung di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, Senin (4/7/2022). Dalam kegiatan ini dihadiri Kejari Tangsel, Aliansyah, Kepala Dinas Kesehatan, Allin Hendalin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel, Deden Deni, dan lainnya ikut serta dalam penandatangan komitmen tersebut.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengajak semua pihak untuk mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang akan berlangsung pada Agustus mendatang dengan target 126.992 anak yang akan diberikan imunisasi.

Benyamin mengungkapkan, anak – anak ini nantinya akan menerima imunisasi campak, polio, rubella dan lainnya. Imunisasi ini menjadi salah satu upaya mengurangi dampak signifikan terhadap jumlah kasus polio, campak, maupun lainnya.

“Jika tidak mengejar imunisasi maka akan terjadinya peningkatan kasus. Dimana hal itu akan menjadi beban ganda di tengah pandemi saat ini,” ujar Benyamin saat menyampaikan sambutan.

Dia menambahkan untuk meratakan jumlah penyebaran imunisasi polio ini, Pemerintah melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Karena itu dia meminta kepada seluruh kader kesehatan atau masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selain dengan imunisasi pencegahan polio, dirinya juga meminta kepada seluruh orang tua di Kota Tangsel untuk melengkapi imunisasi yang dibutuhkan. Misalnya imunisasi campak, cacar, dan sebagainya. Dimana hal ini juga perlu disampaikan kepada tetangga dan keluarga juga.

“Semua yang hadir di sini, baik PKK, OPD, Kelurahan, Kecamatan dan lain-lain, harus aktif mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk membawa anak-anak usia 9 sampai 59 bulan ke fasilitas pelayanan kesehatan,” kata Benyamin.

Baca Juga :  Pemkot Tangsel Sediakan Tempat Vaksin Permanen

Dia berharap dengan sosialisasi ini bisa memaksimalkan kegiatan. Dimana, mampu menekan angka kasus polio dan penyakit lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, mengungkapkan, pelaksanaan BIAN berlangsung pada Agustus 2022.

Bulan Imunisasi Anak Nasional atau disingkat BIAN adalah upaya pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi dimana meliputi dua (2) Kegiatan yaitu kegiatan imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak-rubella secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya kepada sasaran usia 9 Bulan – 59 Bulan dan kegiatan imunisasi kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 sampai dengan 59 bulan.

“Tujuan dilaksanakannya BIAN adalah untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata sebagai upaya mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3i),”ungkapnya.

Sasaran BIAN di Kota Tangerang Selatan pada imunisasi tambahan Campak Rubella usia 9 – 59 Bulan sebanyak 126.992 dan imunisasi kejar sasaran OPV sebanyak 19.106 Anak. sasaran IPV sebanyak 37.116 Anak, dan sasaran DPTHBHiB sebanyak 31.524 Anak .

Pelayanan Pemberian imunisasi Bulan Imunisasi Anak Nasional akan dilaksanakan di Posyandu, UPTD Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik Swasta, maupun Pos Pelayanan imunisasi.

(Alan pratama)