Beranda TANGERANG SELATAN Ciputat PKM Mahasiswa Universitas Pamulang Terapkan Pentingnya Mengatur Keuangan Pada Anak Serta Penerapan...

PKM Mahasiswa Universitas Pamulang Terapkan Pentingnya Mengatur Keuangan Pada Anak Serta Penerapan Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com — Kelompok Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Universitas Pamulang melakukan kegiatan yang bertempat di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera, Ciputat, Tangerang Selatan. Senin, (18/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut kelompok PMkM Universitas Pamulang mengusung tema “Menerapkan Pentingnya Memanage Atau Mengatur Keuangan Pada Anak Serta Penerapan Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi.”

Kegiatan ini diikuti sekitar 15 orang anak dengan rentan usia 6-9 tahun yang dimana dilakukan agar anak-anak dapat mengerti akan cara mengelola uang dan menanamkan akan pentingnya kesehatan dikala pandemi ini.

Tujuan kegiatan ini didasari oleh Tridharma Perguruan Tinggi, yang dimana Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Dalam pelaksanaan kegiatan, Kelompok mahasiswa Universitas Pamulang yang diketuai oleh Valda Arnias Nehe didampingi oleh Zulfa Nabila dan Falis Septiyuni Bahim dan Yeni Shara Hutabarat serta dibimbing oleh  Intan Rahma Sari, S.E., M. Ak. selaku dosen pembimbing berikan langsung pemahaman agar anak-anak bisa menghemat dan mengatur keuangannya serta mengenalkan protokol kesehatan 5M dimasa pandemi.

Seperti sebelumnya, Mengatur keuangan tentu harus diajarkan sejak dini agar tidak boros dan bisa digunakan untuk hal yang seharusnya, dimasa pandemi seperti ini anak-anak perlu diterapkan pola pikir hemat dan pola hidup sehat.

Ketua Kelompok PMkM menyampikan, Bahwa kurangnya edukasi tentang menabung sejak dini dari kedua orangtua, membuat anak-anak menyepelekan uang sisa kembalian dan bergantung kepada orangtua akan kebutuhannya.

Baca Juga :  Aniaya Teman Sendiri Dua Pelaku Diciduk Tim Vipers Polsek Serpong

“Di balik itu, pentingnya menjaga kesehatan pun harus sangat diperhatikan karena dampaknya akan sangat rentan terutama bagi anak-anak dikala pandemi seperti ini”. Tambahnya

Pada berlangsungnya kegiatan ini anak-anak diajarkan mencuci tangan yang baik dan benar, menggunakan masker yang benar dan melepas nya ketika sudah berada didalam rumah, menjaga jarak 1 meter, menjauhi kerumunan, dan menjaga pola makan yang sehat.

Artikel: Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang