Beranda Berita Photo Warga RW 04 Pondok Pucung Indah Sambut Tim Relawan Jumantik

Warga RW 04 Pondok Pucung Indah Sambut Tim Relawan Jumantik

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com — Selain meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman Coronavirus Disease (Covid – 19), Kepala Puskesmas Pondok Pucung Sumirah, kembali mengerahkan relawan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) melakukan “Gerebeg Jentik” melalui “Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik” .

Kali ini, sasaran relawan Jumantik, ke wilayah perumahan Pondok Pucung Indah dilingkungan RW 04 Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel) memeriksa tempat yang menjadi perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Kepala Puskesmas Pondok Pucung Sumirah mengatakan, hal itu dilakukan, mengingat saat ini memasuki musim pancaroba dan perlu mengantispasi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD) di akibatkan dari gigitan nyamuk aedes aegypty yang biasanya terjadi, pada saat musim penghujan tiba.

“Musim hujan ini kami harus waspada pada DBD yang biasanya muncul genangan air dan menghadirkan sejumlah jentik nyamuk, DBD ini penyakit menular dan setiap tahunnya selalu ada,” kata Sumirah

Dijelaskan Ketua RW 04 Joko Suhono, langkah Grebek jentik di RW 04 ini sekaligus untuk meningkatkan kembali kegiatan Jumantik dilingkungannya, yang setiap hari Rabu harus dilakukan di setiap rumah.

“Dari 420 rumah terdiri 10 RT, ternyata masih ada beberapa rumah yang masih ada jentik, rata – rata di dispenser dan bak mandi, Kami ultimatum kepada warga, yang akan datang targetnya harus 100% zero jentik.” tandas Joko.

Dalam kesempatan itu, Lurah Pondok Pucung Haji Murtado mengatakan, penyakit DBD masih menjadi masalah kesehatan yang menyita perhatian, salah satunya melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) perlu diaktifkan kembali.

“Di tengah pandemi Covid – 19 masih belum dinyatakan aman, kita tidak boleh lengah dengan adanya penyakit DBD karena penyakit itu sangat riskan, Apabila kita lengah tentunya akan mengakibatkan penyakit DBD bisa menyebar,” kata Murtado.

Baca Juga :  Relawan Ganjar Pranowo Bangun Pos Serta Aula Warga Di Pamulang Tangsel, Untuk Sosialisasikan Ganjar Pranowo

Kehadiran relawan Jumantik indefendent didampingi tim kesehatan keliling Berliana disambut sejumlah kader Posyandu dan Posbindu “Kartini”. Berakhir dengan aksi dengan dua jari telunjuk mengarah kebawah penuh semangat “Pites … Pites … Pites .. Jentik DBD”.

(Red/Abah Ade)