Beranda Uncategorized Waspada Penipuan yang Hack Akun WhatsApp, Dengan Modus Penipuan Mengatasnamakan Kasir Minimarket

Waspada Penipuan yang Hack Akun WhatsApp, Dengan Modus Penipuan Mengatasnamakan Kasir Minimarket

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Modus penipuan mengatasnamakan kasir Indomart, dengan mengaku salah memasukan nomor pelanggannya yang membeli voucher game.

Pelaku kemudian, seolah-olah menghubungi nomor yang salah. Dia bermaksud meminta SMS dari WhatsApp berisi kode verififikasi kepada korban.

SMS tersebut berbahasa Thailand dengan enam angka kode voucher game bernama Fishing Go.

Ternyata, modus penipuan seperti ini memang sudah sering terjadi. Modus ini mulai marak sejak tahun lalu.

Tak sedikit yang tertipu, lantaran penipu hanya meminta kode verifikasi voucher game. Tapi, banyak pula yang sadar bahwa itu merupakan modus penipuan.

Seperti korban warga Kota Tangerang yang satu ini bernama Muiz Liddinillah. Dia mendapat sebuah pesan mengatasnamakan kasir Indomaret yang meminta kode verifikasi ke dirinya.

“Selamat siang kak. Maaf ganggu. Kami dari kasir Indomaret. Bisa minta tolong sebentar, tadi ada pelanggan kami beli voucher game, tapi kami salah input nomornya kak. Jadi SMS-nya terkirim ke nomor kakak. Sms dari WhatsApp yang ada tulisan Thailand nya, karena ada kode 6 angka untuk kode voucher game fishinggo kak. Bisa dibantu kakak kirim atau screenshot SMS-nya kak, karena pelanggan kami masih menunggu untuk kode voucher game-nya kak,” tulis isi pesan dari pelaku.

Mengetahui dirinya menjadi korban penipuan, Padahal Muiz awalnya tidak membalas pesan tersebut namun pelaku tetap berusaha meminta kode tersebut pada Muiz dan akhirnya di kasih.

Muiz lalu membagikan pengalamannya itu ke Status WhatsApp miliknya dan membagikan tips, agar tidak ada yang menjadi korban selanjutnya.

“WhatsApp saya di Hack dan saya kasih tips agar bisa kembali lagi, yang pertama konfirmasi ke nomor sevice center provider lalu di uninstall whatsapp dan kembalikan lagi aplikasi whatsapp seperti awal,” tuturnya.

Baca Juga :  Dishub dan Polisi lakukan Razia, Jalan Jadi Macet di Cikupa

(A. Farhan)