Beranda Berita Photo Generasi Aspirasi jadi LDKO Sasindo Unpam di Bogor

Generasi Aspirasi jadi LDKO Sasindo Unpam di Bogor

BERBAGI

Tangsel, Beritatangsel.com- Mahasiswa merupakan salah satu aset yang dimiliki bangsa, tidak hanya cerdas di bidang akademik namun kecerdasan di bidang non-akademik juga harus dimiliki mahasiswa. Oleh sebab itu, Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang (UNPAM) adakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO).

Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi diselenggarakan di Bumi Perkemahan Suaka Elang, Ciburayut Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama dua hari, 14-15 Juli 2018 dengan tema “Generasi Aspirasi, Berani Berkarya, Berani Beraksi.”

Kepala program studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang Dr.Mohammad Ramdon Dasuki, L.C., M.A. dalam pembukaan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental dan kemampuan mahasiswa Sastra Indonesia UNPAM.

“Kita semua tentunya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat melatih dan memunculkan jiwa kepemimpinan bagi semua peserta yang mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Ramdon juga berpesan untuk selalu menjaga nama baik keluarga serta nama baik almamater ketika telah sampai di lokasi kegiatan.

Sementara itu, Muhammad Faiz Hakim Nazri selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa apa yang akan dilakukan pada kegiatan ini bukanlah omong kosong tapi kegiatan ini adalah pembuktian dari omong kosong yang sering dibilang orang selama ini.

Kegiatan yang dilakukan di Bumi Perkemahan Suaka Elang, Ciburayut kabupaten Bogor ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 14-15 Juli 2018 diikuti oleh panitia penyelenggara yang merupakan pengurus Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia UNPAM dan 23 peserta yang terdiri atas 18 mahasiswa regular A dan 5 mahasiswa regular C, serta para mahasiswa alumni Sastra Indonesia UNPAM.

LDKO Himpunan Mahasiswa Universitas Pamulang diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya penyampaian materi. Dalam kegiatan ini ada dua jenis penyampaian materi yaitu materi Manajemen acara dan materi Bela Negara.

Baca Juga :  Mendongeng Jadi Bentuk Pengabdian Mahasiswa Sasindo Unpam

Ahmad Amin selaku penyampai materi manajemen acara mengatakan bahwa manajemen acara sangat penting untuk dipahami ketika telah terlibat dalam suatu organisasi, karena manajemen kegiatan akan sangat berguna ketika akan mengadakan suatu kegiatan.

Selanjutnya yaitu materi Bela Negara yang disampaikan oleh Hendry yang merupakan salah satu alumni Sastra Indonesia UNPAM, dalam penyampaiannya Hendry menyampaikan materi seputar Bela Negara dan kesimpulan dari materi yang telah disampaikan adalah;

“Pimpin diri sendiri, pimpin orang sekitar, dan pimpin suatu kelompok,” ujarnya.

Hendry pun menyampaikan pesan bahwa seluruh peserta kegiatan setidaknya mendapat pelajaran dan pengalaman dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah diikuti untuk bekal kehidupan di masa depan.

Laporan Jurnalisme Warga: Milda Amini