Beranda Berita Photo Ini Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Ini Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

BERBAGI

Beritatangsel.com – Jika tidak ingin perut kembung dan sakit saat berbuka, hindari makanan dan minuman berikut ini.

Saat puasa, biasanya kita sering ingin menyantap semua makanan yang menggoda kita di siang hari. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat kamu berbuka puasa.

Makanan berminyak : Kamu sebaiknya menghindari makanan-makanan yang digoreng saat berbuka puasa karena makanan tersebut bisa menyebabkan perut mual, apalagi jika terlalu banyak dikonsumsi. Hal ini bisa terjadi karena kondisi perut saat berbuka masih dalam keadaan kosong dan makanan berminyak bisa membuat lambung dalam keadaan shock dan mudah merasa kenyang.

Makanan yang mengandung es : Makanan ataupun minuman yang menggunakan es sebenarnya tidak baik dijadikan sebagai menu pembuka di saat bulan puasa karena kondisi lambung juga akan terkejut saat dimasuki sesuatu yang dingin setelah seharian kondisinya dalam keadaan panas. Jika kamu memaksakan hal ini, sistem pencernaan pun akan terganggu sehingga menyebabkan maag atau penyakit pencernaan lainnya.

Susu : Susu merupakan minuman yang mengandung laktasi sehingga bisa menyebabkan perut menjadi sakit seperti dikuras. Perut yang masih kosong jika dikuras tentu akan terasa lebih sakit, kan? Oleh karena itu, hindari mengonsumsi susu saat berbuka. Minumlah susu beberapa jam setelah berbuka.

Kopi : Dalam keadaan perut kosong, tidak baik kalau kamu langsung mengonsusmsi kopi sebagai minuman pembuka. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat di dalamnya bisa membuat kinerja jantung dan otak bekerja lebih cepat dari sebelumnya sehingga tubuhmu akan cepat lelah, lemas, dan bahkan menjadi pusing.

Makanan pedas : Makanan pedas adalah makananjuga harus dihindari saat berbuka puasa, Hal ini disebabkan oleh kandungan panas di dalam makanan pedas akan membuat sistem pencernaan menjadi terkejut dan lebih panas lagi. Akibatnya, kamu akan merasa cepat mulas dan sakit perut.

Baca Juga :  Sumber Daya Air Kota Tangerang menyiapkan 10 unit pompa Air

Makanan bersantan kental : Mengonsumsi terlalu banyak makanan bersantan saat buka puasa juga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL). “Santan itu berbahaya karena mengandung lemak tak jenuh sehingga bagi penderita maag, makanan ini dapat melukai lambung

Daging : Saat berbuka puasa, ada baiknya kita menahan diri untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti daging.  Daging adalah salah satu makanan yang sulit dicerna. “Bila dibandingkan dengan jenis makanan lainnya, proses pencernaan daging membutuhkan waktu yang lebih lama.” Hal ini menyebabkan metabolisme jadi lambat dan tubuh akan mudah gemuk

Gorengan : Siapa yang tidak suka mengonsumsi makanan ini? Gorengan kerap menjadi penganan wajib saat buka puasa. Sayangnya, para ahli kesehatan tidak menyarankan makanan ini saat buka puasa. Dampak buruk gizinya bukan hanya kegemukan tapi juga membuat sejumlah organ tubuh harus kerja keras memproses lemak.

Sebab saat puasa, kita kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak. Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan saat buka puasa karena lemak akan bertambah dan membuat tubuh makin tambun.

Nah itu beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, semoga bermanfaat.