Beranda Headline Berjalan BNN Tangsel Ramaikan Harganas XXII 2015

BNN Tangsel Ramaikan Harganas XXII 2015

BERBAGI
Ketua BNN Kota Tangerang Selatan AKBP Heri Istu Hariono, S.Si (Kanan)
Ketua BNN Kota Tangerang Selatan AKBP Heri Istu Hariono, S.Si (Kanan)
Ketua BNN Kota Tangerang Selatan AKBP Heri Istu Hariono, S.Si (Kanan)

Serpong, BT.C – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan ikut meriahkan Pameran Dagang Usaha Kecil Menengah (UKM) pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII Tahun 2015 di Serpong, Kota Tangerang Selatan, (29 Juli-1 Agustus) 2015.

Bentuk partisipasi yang dilakukan adalah dengan membuka booth pameran untuk konsultasi gratis seputar permasalahan narkoba serta layanan tes urine gratis. Kepala BNN Kota Tangsel, AKBP Heri Istu Hariono, S.Si. menilai BNN perlu berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Keluarga adalah garda depan dalam pencegahan dan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba. Orangtua harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Sehingga ada daya tangkal tersendiri di lingkungan keluarga,” terangnya.

Selain menyediakan booth stand, BNN Kota Tangerang Selatan juga menyediakan mobil tes urine untuk layanan tes urine gratis kepada masyarakat. Dalam kesempatan kali ini BNN Kota Tangsel juga ingin mengedukasi keluarga bahwa saat ini korban penyalahguna tidak akan dipidana sebab sudah diatur di dalam undang-undang No. 35 Tahun 2009 Pasal 54 penyalahguna narkoba wajib menjalani proses rehabilitasi.

“Banyak dari mereka bahkan belum tahu informasi secara menyuluh seputar narkoba dan rehabilitasi. Padahal, jika para orangtua yang memiliki anak di bawah umur dan terkena penyalahgunaan narkoba namun tidak melapor maka orangtua akan terkena sanksi pidana. Hal ini dijelaskan dalam UU no. 35 Th. 2009 Pasal 128,” terang Heri.

Sementara itu, drg. Vinna Tauria Kepala Seksi Rehabilitasi, menilai, melalui stand ini kami ingin masyarakat menjadi tahu seputar rehabilitasi dan bagaimana alurnya. Sehingga mereka bisa segera melaporkan diri jika menemukan kasus penyalahgunaan narkoba, baik di lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekitar.

BNN Kota Tangsel berharap dengan adanya pameran Harganas Ke-XXII ini, masyarakat mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi mengenai yang menyeluruh seputar narkoba.

Baca Juga :  52 Aset Senilai Rp290 Miliar, lepaskan Untuk Pemkab Tangerang

“Tetapi jika masih ingin bertanya lebih detail, melaporkan penyalahgunaan narkoba, dan layanan permohonan narasumber, masyarakat bisa memanfaatkan media pesan singkat  dalam program SIS-BRO P4GN  ke nomor 087777362121,” tutup Heri. (Iskandar)