Beranda Pendidikan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Laksanakan Kuliah Peduli Negeri Dalam Pengurangan Sampah Kertas

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Laksanakan Kuliah Peduli Negeri Dalam Pengurangan Sampah Kertas

BERBAGI

Beritatangsel.com — Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Laksanakan Kuliah Peduli Negeri yang berjudul “Pendampingan Publikasi Pengelolaan Limbah Kertas Menjadi Produk Daur Ulang Kreatif” lebih singkatnya dengan program “Trash to Cash”.  yang bertempat di SMPN 6 Ciputat, Tangerang Selatan.  Senin, (16/05/2023).

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk memperkenalkan ide atau rencana mengurangi dampak negatif limbah kertas terhadap lingkungan dan mempromosikan praktik daur ulang sebagai alternatif pengolahan limbah kertas yang lebih ramah lingkungan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kelompok #3 ReThink dengan Dosen Pengampu Mata Kuliah Peduli Negeri Ibu Gadis Octory, S.Ikom, M.Ikom. Pelaksanaan kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) dilaksanakan di SMPN 6 Ciputat, Tangerang Selatan selama 2 hari tepatnya pada tanggal 15 sampai 16 Mei 2023.

Pada hari pertama, diberikan Pemaparan mengenai materi pengelolaan limbah sampah kertas menjadi suatu produk kreatif yang memiliki nilai jual yang dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan daur ulang sampah kertas. Pada sesi praktek ini setiap anggota osis SMPN 6 diberikan kesempatan untuk mencoba proses pengelolaan sampah kertas tersebut menggunakan alat yang sudah disediakan.

Lanjut, Pada hari kedua terdapat pemaparan materi mengenai strategi pemasaran di media digital. Kemudian dilanjutkan sesi diskusi per kelompok di mentori oleh mahasiswa dalam merancang perencanaan strategi pemasaran di media sosial dari produk daur ulang kreatif.

Pada akhir acara, Mahasiswa berikan hadiah goodiebag kepada dua kelompok terbaik dalam pengerjaan tugas selama acara berlangsung. Tidak hanya itu, dalam sesi kegiatan juga terdapat banyak hadiah yang akan dibagikan kepada teman-teman yang berhasil menjawab pertanyaan dan berani tampil di depan teman-temannya.

Selain itu Mahasiswa Kuliah Peduli Negeri kelompok #3 ReThink mengucapkan terima kasih kepada seluruh staff yang terlibat yang sudah mengawal kegiatan ini dari awal sampai akhir acara yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama penunjuk berakhirnya acara.

Baca Juga :  Menggandeng Anak-anak Yayasan Al-Kamilah, Kelompok PMKM Universitas Pamulang Sulap Minyak Goreng Bekas Menjadi Lilin Aromaterapi

“Kami kelompok #3 ReThink mengucapkan terima kasih kepada seluruh staff SMPN 6 Ciputat, Tangsel khususnya kepada Kepala SMPN 6 Bapak Drs. Joko Budi Santosa, M.Pd dan Pihak Humas SMPN 6 Bapak Drs. Herman Triharjo yang telah menyambut baik kedatangan kami serta memberikan kepercayaan pada kami untuk mengadakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri dari awal hingga acara selesai.” Ujarnya

“Kami tentunya berharap dengan adanya kegiatan ini materi yang kami sampaikan dapat di terima dan bermanfaat untuk kedepannya. Dan kami juga berharap dari adanya kegiatan ini pihak Universitas Mercu Buana dapat menjalin relasi baik dengan pihak SMPN 6 Tangsel kedepannya.” Pungkasnya

Penulis : Rethink#3 (Desila)