Beranda Berita Photo Pemilihan Ketua RW 04 Kelurahan Sawah Ciputat,Tangerang Selatan Gunakan Sistem Demokrasi Pemilihan...

Pemilihan Ketua RW 04 Kelurahan Sawah Ciputat,Tangerang Selatan Gunakan Sistem Demokrasi Pemilihan Langsung

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com – Untuk meningkatkan minat warga agar menyalurkan hak pilih, panitia pemilihan ketua Rukun Warga (RW) 04 Kelurahan Sawah , Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan, mempunyai cara tersendiri. Yakni, melakukan kepada warga yang memiliki hak pilih,Sabtu (25/2) pukul 20 :30 WIB di Musollah Nurul Quba .jl.Musyawarah RT,003 RW,004 Sawah Ciputat.

Turut Serta dalam pemilihan Ketua RW ,BPK.Aiptu Eka Prihantono, Bhabinkamtibmas kelurahan sawah juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif, turut mensosialisasikan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat dilingkungan masing-masing.jangan bosan-bosan untuk mengajak masyarakat selalu menaati protokol kesehatan,dan untuk menjaga lingkungan.

Ketua Panitia, Pemilihan ketua RW secara langsung bukan yang pertama kalinya namun sudah yang keempat kalinya dan ini bukanlah ajang persaingan melainkan kebersamaan.

Pemilihan ketua Rukun Warga (RW) yang digelar di wilayah RW 04 Sawah menyedot perhatian masyarakat. Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos lima kandidat ketua RW yang ada. Kemudian, kartu suara tersebu dimasukkan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

Pemilihan RW 04 Sawah Ciputat berlangsung dalam dua tahapan dengan jumlah hak pilih 35 orang dari perwakilan dari 5 RT,masing -masing untuk hak suara 7 orang dan ,warga yang diundang. Mayoritas para pemilihnya adalah berusia muda dan pekerja swasta. Warga yang memiliki hak pilih mendapat surat suara dan mencoblos di bilik suara, kemudian dimasukkan ke kotak suara.

Sofyan selaku ketua pelaksana mengatakan, proses pemilihan RW di wilayahnya dengan sistem demokrasi pemilihan langsung sudah digelar sejak tahun 1990-an. “Di daerah kami memang agak unik dibanding yang lain, pemilihan RW seperti Pemilu betulan. Warga ingin pemilihan langsung agar jujur dan adil tanpa intervensi,” ujarnya

Baca Juga :  Terkait Penerapan Full Day School di Wilayah Tangsel, Ini Kata Sekretaris Dinas Pendidikan Tangsel

Pada pemilihan ketua RW 04 Sawah Ciputat itu terdapat 2 calon RW yang bertarung, yaitu(1) H.SUGIONO SE yang memperoleh 21 suara, (2) dan SYARIFUDIN yang memperoleh Suara 8 Suara Suara Tidak Sah 6 Suara. Akhirnya H.SUGIONO SE, yang mendapat 21 suara terpilih sebagai Ketua RW 04 Sawah Ciputats masa bakti 2023 – 2029 menggantikan Madrih.

RW Yang terpilih menyampaikan Kedepannya kita apa namanya mau kita perhatikan dengan pertemuan warga rw yang seru yang intinya telah saya sebutkan tadi perwakilan untuk menentukan program kerja jangka pendek satu tahun kakak panjangnya 5 tahun ke atas kesepakatan nanti baru kita implementasi kan perubahan tersebut di wilayah kami rw 04 pemilihan ini berjalan dengan baik terus.

Kemudian, Oh iya nih ternyata apa namanya rw-nya sekarang RW terpilih sekarang pak Sugiono jadi masyarakat biar kenal dulu Nah setelah kenal Nanti baru kita bisa apa namanya tindaklanjuti setelah itu Setelah itu kita tinggal lanjutin baik program kerja baik program kerja di lingkungan dengan beberapa yang telah kami sampaikan tadi kemudian yang sudah berjalan kita adakan perbaikan-perbaikan untuk kedepannya dan kita sempurnakan bukan berarti yang berjalan tidak baik tetapi kita lihat lagi kalau memang harus diperbaiki diperbaiki kemudian kita sempurnakan terutama itu terkait dengan yang berjalan yang sekarang yang berjalan itu terkait dengan PKK pos Windu terus Posyandu dan kebetulan ini sudah berjalan dengan baik dan istri saya juga terlibat di dalamnya seperti itu . ucapnya

Menurut Perwakilan Kelurahan Sawah Selamet Riyadi tingginya minat masyarakat untuk mencalonkan diri jadi ketua RW karena sudah menjadi tradisi di wilayah RW 04 Sawah tersebut. “Kondisi itu berbanding terbalik dengan di kampung lain dengan rendahnya minat warga menjadi pengurus RW dengan berbagai alasan seperti sibuk kerja, harus menyempatkan waktu mengurus warga, dan lainnya,” kata Selamet Riyadi yang turut mendampingi pemilihan bersama pak Kasto Masto.

Baca Juga :  Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Pemkot Tangsel Percepat Sistem Rujukan

Dari kegiatan pemilihan ini diharapkan munculnya calon Ketua RW yang memiliki kualitas dan kemampuan manajemen yang baik, mengingat saat ini pemerintah sedang mengembangkan pemberdayaan dan pengelolaan kegiatan pembangunan sampai di tingkat RT. Oleh karena itu, keberadaan Ketua RW dan Ketua RT selaku penyelanggara kegiatan pembangunan di wilayah, menjadi sangat strategis. (Hasan)