Beranda Pendidikan Mahasiswa Universitas Pamulang Melalui PMKM Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat dalam Peluang Usaha Kreasi...

Mahasiswa Universitas Pamulang Melalui PMKM Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat dalam Peluang Usaha Kreasi dari Botol Plastik di Taman Baca Peka

BERBAGI

Beritatangsel.com — Dalam lingkungan kehidupan masyarakat di era modern, kurangnya masyarakat memanfaatkan barang yang tidak terpakai  atau barang bekas terutama sampah yang semakin meningkat jumlahnya. dalam usaha mengurangi kapasitas sampah, perlu adanya kegiatan yang dapat menurunkan jumlah kuantitas sampah yang terbuang percuma di lingkungan hidup.

Usaha yang ada di harapkan mampu mengurangi kapasitas sampah yang dapat mengurangi kualitas kesehatan dan keindahan lingkungan. Salah satunya dengan membuat kegiatan mendaur ulang sampah bagi para peserta didik.

Hasil dari pengumpulan botol bekas minuman ini nantinya akan dikreasikan menjadi celengan, bola lampion dan berbagai jenis kreasi lainnya lebih menarik agar para siswa sadar akan pentingnya sampah bisa menjadi hiasan ataupun bisa jadi alat untuk menyimpan uang.

Banyaknya sampah yang terbuang percuma yang sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang lebih bermanfaat menjadi salah satu permasalahan dalam kehidupan manusia sekarang ini.

Kreativitas pemanfaatan barang bekas menjadi kerajinan tangan adalah solusi yang cukup baik untuk mengubah sampah botol bekas minuman menjadi barang yang berguna kembali, bahkan memiliki nilai jual serta dapat dikreasikan menjadi barang yang mempunyai nilai estetika.

Dalam hal ini Kreativitas diri seseorang dapat ditumbuhakan melalui banyak cara, salah satunya yaitu dengan membuat kerajinan tangan. Sampah botol bekas minuman dapat dibuat kerajinan tangan seperti bola lampion untuk di ruangan belajar ataupun di taman baca.

Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami dari universitas pamulang melakukan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan menggandeng taman baca peka oleh empat mahasiswa yaitu Muhamad Wildan, Iis Yunita, Muhamad Hani Muzaqi,Mohamad Imamudin dan dihadiri oleh Prodi Akuntansi S1 Lioni Indrayani, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing.

Baca Juga :  Praktisi: Berdakwah Perlu Inovasi

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 15 oktober 2022 berlokasi di taman baca peka Jl.Srikandi No 34 Pondok benda Kec.Pamulang yanng  di pimpin oleh bapak Adang albanie dihadiri oleh prodi akuntasnsi S1 Lioni Indrayani, S.E., M.M dan ketua pimpinan taman baca peka Adang albanie, peserta dari kegiatan ini adalah anak anak warga setempat yang ada di daerah taman baca peka/ peka Jl.Srikandi No 34 Pondok benda.

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah memperkenalkan budaya kepada masyarakat khususnya generasi muda, sehingga kearifan lokal tidak tergerus zaman dan tetap lestari bahkan dengan memperkenalkan budaya dengan menciptakan kreasi dari botol  bekas atau sampah agar lingkungan menjadi asri dan tidak tercemar penyakit atau wabah yang ada serta sangat banyak pemanfaatan dari sampah itu sendiri terutama dari botol plastik bekas yang bisa digunakan untuk menjadi celengan,bola lampion maupun kreasi lainnya.

(Red/ben)