Beranda Uncategorized Lembaga Putra Bangsa Bersama Kemenpora Laksanakan Seminar Literasi Digital Dikalangan Pemuda

Lembaga Putra Bangsa Bersama Kemenpora Laksanakan Seminar Literasi Digital Dikalangan Pemuda

BERBAGI

Beritatangsel.com – Lembaga Putra Bangsa (PB) bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) menggelar seminar literasi digital pemuda.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, 17-18 Desember 2022 yang berlokasi di Aula SMAN 5 Pandeglang, Banten.

Seminar tersebut berlangsung dengan mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Digital Pada Generasi Pemuda” Sementara, peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 50 siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Pandeglang.

Ketua panitia Khoirul mengungkapkan, bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan seminar ini bertujuan untuk tujuan untuk meningkatkan kecakapan digital, hal ini menjadi penting untuk diberikan oleh generasi muda, karena literasi digital ini merupakan salah satu wujud dari perilaku akhlak pemuda atau siswa.

“Kecakapan digital akan terkait dengan kesantunan dalam berinteraksi di dunia digital, dan bagaimana para generasi muda ini diberi bekal agar tidak terjerumus dalam sisi-sisi negatif dari dunia digital yang semakin menguasai kehidupan. Betul media digital membuat orang bisa mengakses banyak sumber, bisa menyampaikan pendapat. Demokrasi bisa dilaksanakan di dunia digital, tapi media digital dengan algoritmanya bisa membuat orang ini selalu mendapatkan informasi yang hampir sama secara terus menerus. Akhirnya yang terjadi, seseorang ini tidak semakin kaya dengan informasi dengan dunia digital, tapi semakin mengkerdilkan kita semua,” ucap Khoirul.

Tak hanya itu, ia menambahkan, kegiatan ini turut menggandeng kerja sama dengan Resimen Mahasiswa (MENWA) yang mana nantinya para anggota Menwa tersebut juga akan memberikan arahan serta edukasinya untuk para peserta selama terselenggaranya acara seminar tersebut.

Selain pemberian materi oleh para narasumber, kegiatan seminar tersebut juga turut dimeriahkan dengan Quiz dan permainan kelompok oleh para peserta guna memberikan daya ingat kepada para siswa-siswi dalam menangkap intisari maupun point-point penting yang sudah disampaikan oleh para narasumber.

Baca Juga :  Kapolsek Karangampel Pimpin Langsung Operasi Yustisi Razia Masker

Seminar tersebut berlangsung lancar dan sukses. Bahkan seluruh pesarta tampak begitu antuasias mendengarkan serta memberikan tanggapan atas materi yang disampaikan dengan bertanya.

Dipenghujung acara, para panitia turut memberikan plakat atau cenderamata kepada Narasumber dan pemberian sertifikat kepada para peserta seminar.

Pada sesi terakhir, dilaksanakan dokumentasi foto bersama dari seluruh peserta, pemateri, dan panitia kegiatan Seminar. Semua pihak mengharapkan bahwa kegiatan seminar ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar mencapai tujuan kegiatan seminar ini.