Beranda Berita Terkini Gempa Sukabumi Pagi Ini Dirasakan Terkuat di Bandung, Ini Data BMKG

Gempa Sukabumi Pagi Ini Dirasakan Terkuat di Bandung, Ini Data BMKG

BERBAGI

BERITATANGSEL.com,Tangerang-Guncangan gempa M5,8 dari Sukabumi, Jawa Barat, Kamis pagi ini, 8 Desember 2022, dirasakan terkuat di Rancaekek, Kabupaten Bandung. BMKG mencatat intensitas gempa di daerah itu pada skala IV MMI, atau gempa bisa dirasakan orang banyak di dalam rumah.

Guncangan dari gempa yang sama juga dirasakan di Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, Sumedang, dan juga Cianjur pada skala III MMI. Ini setara getarann yang dirasakan nyata di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

Sejumlah warga di Jakarta mengungkap kalau bisa merasakan guncangan gempa itu. Dan, benar saja karena BMKG mengukur intensitasnya sampai di Ibu Kota pada skala II MMI. Intensitas yang sama di Cisolok, Sumur, Sukabumi, Garut, Bekasi, dan Tangerang Selatan.

Data BMKG telah memastikan kekuatan gempa itu M5,8 dengan pusatnya di darat, 22 kilometer tenggara Sukabumi dan kedalaman 122 kilometer. Gempa terjadi pada pukul 07.50 WIB.

“Gempa ini dipicu adanya deformasi batuan dalam lempeng (intraslab) pada lempeng indo-australia atau populer disebut sebagai gempa di zona benioff,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, lewat akun media sosial.

(koh)

Baca Juga :  Lagi, Rajin Pake Jilbab Saat Kampanye, Warganet Sebut Rahayu Saraswati Lagi Pencitraan