Beranda Pendidikan Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang Berikan Pengenalan Prinsip Akuntansi dan Tata Cara Pengelolaan...

Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang Berikan Pengenalan Prinsip Akuntansi dan Tata Cara Pengelolaan Keuangan kepada Anak dengan Metode Animasi

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com — Sejak dini anak harus ditanamkan sifat konsistensi dan menganalisis setiap peristiwa atau suatu kejadian dalam kegiatan. Konsistensi penting dalam menentukan reaksi anak ketika melakukan sesuatu yang tidak baik. Reaksi atau konsekuensi terhadap kesalahan anak yang sama harus diberikan secara konsisten agar anak tidak melakukannya lagi.

Khususnya Pengenalan prinsip akuntansi dan tata cara mengelola uang  pada anak. Hal ini sangat penting disampaikan karena sanget berpotensi meningkatkan konsistensi pada anak. Yang berdampak positif pada pengelolaan uang anak tidak boros dan dapat mengelola Uang saku dengan bijak.

Dari hal itu, Mahasiswa Universitas Pamulang dari kelompok 8 kelas 05SAKE007 menyelenggarakan sebuah program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang berjudul “Pengenalan prinsip akuntansi dan tata cara pengelolaan keuangan kepada anak dengan metode Animasi” yang dilaksanakan di Panti Asuhan Amanah beralamat di Perum Reni Jaya Blk O1 No.14-15, Pamulang Tangerang Selatan, (11/11/2022)

Tujuan mahasiswa UNPAM mengambil tema ini adalah melatih anak untuk bertanggung jawab pada proses yang dilakukannya. Dalam konteks belajar, konsistensi adalah bagian dari proses pendalaman, sehingga anak tak hanya belajar hal-hal yang ada di permukaan, tapi merasa sudah bisa atau menguasai.

Pada kegiatan ini, Mahasiswa  yang terdiri dari empat orang anggota yaitu Dian Hartati, Arsyil Maajid, Carisa Cindy Marsela, Nuni) dan satu orang pembimbing yaitu, Bapak Akhmad Sigit Adiwibowo S.E, M.AK. memberikan ilmu dengan metode pembelajaran animasi.

Pemberian motode belajar Media Animasi ini amat disukai oleh anak-anak dan mudah dimengerti oleh anak.  Sehingga anak- anak tidak hanya berfokus pada tulisan saja yang kami berikan, melainkan memberi materi yang diselingi dengan hiburan agar anak tidak merasa bosan dalam memahami materi.

Baca Juga :  Kelompok PMkM Universitas Pamulang Berikan Pemahaman Mengelola Uang Sejak Dini di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera

Selama proses pembelajaran Mahasiswa menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk memaparkan materi kepada anak-anak yang diselingi sesi games serta menari bersama dengan anak-anak Panti Asuhan Amanah agar mereka tetap bersemangat dan antusias.     

Selain itu, diadakannya kegiatan ini bertujuan memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Lanjut, disesi kegiatan pimpinan Panti Asuhan Amanah Bapak M.Faly Hasan S.Q., M.M. Mengucapkan syukur dan terima kasih karna adanya kegiatan yang bermanfaat seperti ini.

Selain itu beliau juga menyampaikan “bahwasannya kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekedar menggugurkan tugas, akan tetapi dapat diterapkan seterusnya” pungkasnya.

(/red)