Beranda Berita Photo HKN ke-58, Wakil Wali Kota Tangsel Berikan Apresiasi dan Penghargaan Kepada Kader...

HKN ke-58, Wakil Wali Kota Tangsel Berikan Apresiasi dan Penghargaan Kepada Kader Kesehatan

BERBAGI

Tangerang Selatan, Beritatangsel.com — Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Kesehatan menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tingkat Kota Tangerang Selatan yang dihadiri secara langsung oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, bertempat di Halaman Kantor Dinas Kesehatan, pada Rabu (30/11).

Dalam kesempatannya, Pilar memberikan apresiasi sekaligus penghargaan kepada seluruh tenaga kesehatan atas kerja kerasnya terutama menghadapi pandemi selama dua tahun ini.

Apresiasi tersebut bukan tanpa alasan, karena berkat program-program kesehatan yang ada di Kota Tangerang Selatan mendapat pujian tidak hanya dari masyarakat Tangerang Selatan, melainkan juga dari daerah luar.

“Bapak ibu sekalian, saya kalau bertemu dengan kepala-kepala daerah, mereka memuji program kesehatan Pemkot Tangsel,” kata Pilar.

“Ini program bukan hanya program Pak Wali atau saya, Pak Wali dan saya hanya memikirkan bagaimana kerangka program ataupun RPJMD. Tapi yang berjasa, yang mensukseskan program ini adalah bapak ibu sekalian yang ada dihadapan saya,” tambahnya.

Maka dari itu, kesuksesan program kesehatan yang ada di Kota Tangerang Selatan tidak akan terwujud tanpa dukungan kerja keras dari seluruh tenaga kesehatan. Dan dibantu juga dengan kader-kader kesehatan atau insan yang telah mendukung program kesehatan di Kota Tangerang Selatan.

“Saya ucapkan kepada seluruh kader tenaga kesehatan dan juga insan-insan yang sudah membantu dan mendapatkan piagam. Ini bukan semata-mata penghargaan saja, tapi ini adalah bentuk hormat kami, apresiasi kami, agar ke depan program kesehatan semakin lebih baik lagi,” ujarnya.

Seperti halnya, program Ngider sehat yang terus digaungkan untuk membantu masyarakat yang kesulitan menuju fasilitas kesehatan (faskes).

“Alhamdulillah menurut media survei Indonesia, kepuasan tertinggi masyarakat Tangsel adalah dalam menangani pandemi, 85 persen angkanya. Dan pelayanan kesehatan juga masuk dengan angka 75 persen, dan ini tinggi,” jelas Pilar

Baca Juga :  Kemenag Tangsel Siap Berangkatkan 752 Calhaj Agustus Mendatang

Dengan angka yang tinggi, Ia tetap berkomitmen agar semua kegiatan kesehatan perlu ditingkatkan lagi dan berlomba-lomba dalam peningkatan kualitas kesehatan.

“Saya berharap mudah-mudahan di tahun depan program kesehatan ini meningkat jadi baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, dr. Allin menyampaikan bahwa Hari Kesehatan Nasional mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” ini adalah momen untuk kita bangkit kembali serta bersemangat untuk menjalani kehidupan pasca pandemi covid-19.

“Di kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan, para insan kesehatan, dan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang Selatan, yang sudah bahu membahu berjuang menghadapi pandemi,” ujarnya.

Perjuangan di bidang kesehatan ini bukan hanya soal covid-19. Juga menjadi prioritas adalah soal stunting, angka kematian ibu dan bayi.

“Alhamdulillah angka kematian ibu sudah di bawah target nasional. Target nasional ada di angka 32ribu per 100ribu, sedangkan di Tangsel 30ribu per 100ribu. Tapi, bagaimanapun kematian ibu masih ada, ini yang jadi PR kita bersama,” katanya.

Termasuk soal transformasi di bidang kesehatan yang sedang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan. Mulai dari transformasi layanan primer, layanan rujukan, pembiayaan kesehatan, ketahanan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan, dan teknologi kesehatan.

“Dan ini juga insyaallah, sudah dilakukan Tangerang Selatan,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan motor untuk petugas ngider sehat. Sehingga tahun ini, 54 kelurahan di Tangsel, masing-masing ada satu motor petugas ngider sehat.

(Alan pratama)